Kronologi Bagus Kahfi Batal ke FC Utrecht

CNN Indonesia | Sabtu, 28/11/2020 13:35 WIB
Striker Timnas Indonesia U-19, Amiruddin Bagus Kahfi harus mengubur mimpi bermain di Eropa saat ini setelah batal ke FC Utrecht. Bagus Kahfi batal ke FC Utrecht. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat).
Jakarta, CNN Indonesia --

Striker Timnas Indonesia U-19, Amiruddin Bagus Kahfi harus mengubur mimpi bermain di Eropa saat ini setelah batal ke FC Utrecht.

Sekretaris Tim Barito Putera, Ainul Ridha mengatakan bahwa persoalan ini biar menjadi urusan antara Utrecht dan Barito Putera.

"Intinya ini urusan Utrecht dengan Barito. Dan ini terkait football family, kita juga ingin PSSI berkomentar," kata Ainul saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (28/11).


"Jadi biarkan saja ini berkembang. Silakan tunggu (pernyataan) manajemen saja," ujarnya.

Bagus batal ke Belanda, sebagaimana diungkapkan, Mirwan Suwarso, perwakilan Resmi Mola TV selaku pemilik program Garuda Select, tim yang sempat diperkuat Bagus saat menjalani tes di Inggris dan Italia.

Mirwan menyebut, Utrecht menarik tawaran untuk Bagus karena tak ada respons dari Barito Putera terkait surat pelepasan hingga tenggat waktu yang diberikan.

"Utrecht baru saja menarik tawaran mereka karena tidak mendapat respons dari Barito Putera," kata Mirwan melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (27/11) malam.

Sebelum batal, awal mula Bagus diminati Utrecht berawal ketika striker Barito Putera itu bergabung dengan Program Garuda Select edisi pertama pada 2018, kemudian kembali dipanggil ikut di edisi kedua setahun berikutnya.

Perkembangan apik Bagus menjadi perhatian pelatih di tim itu, Dennis Wise. Legenda Chelsea itu kemudian tak ingin menyia-nyiakan bakat Bagus, yakni mendorongnya untuk berkompetisi di Eropa dengan bergabung salah satu klub benua biru.

Pesepak bola B (kiri) mengikuti sesi latihan timnas senior di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019). Striker timnas U-18 Bagus Kahfie diikut sertakan pada pemusatan latihan perdana timnas senior. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pd.Bagus Kahfi sempat bergabung dengan Garuda Select sejak 2008. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).

Salah satu yang direkomendasikan kepada Bagus adalah FC Utrecht, klub kasta tertinggi Liga Eredivisie.

"Kami merekomendasikan Bagus untuk diterima dan dipoles FC Utrecht melalui Dennis Wise supaya bisa jadi pemain yang bagus. Kalau tidak ada rekomendasi Dennis Wise, tidak ada pemain kita yang yang bisa tampil di level di kasta sepak bola Eropa," ucap Mirwan kepada CNNIndonesia.com, Rabu (25/11).

FC Utrecht selama ini lebih sering mengambil pemain muda yang berasal dari Prancis, Belgia, Brasil, Afrika atau Jerman untuk dibina. Supaya Bagus bisa gabung, Dennis Wise harus melobi dan meyakinkan FC Utrecht untuk memberikan kesempatan kepada pemain 19 tahun asal Magelang, Jawa Tengah, itu.

Awalnya Bagus di FC Utrecht hanya untuk menjalani pemulihan cedera pada pergelangan kaki kiri pada Maret lalu. Lantaran di Inggris belum ada kompetisi yang jalan saat itu, Dennis disebut Mirwan meminta tolong kepada rekannya di Belanda untuk membantu pemulihan Bagus.

"Berdasarkan itu mereka mau mengundang Bagus. Jangan harap ada klub-klub Eropa berburu pemain dari Indonesia. Banyak pemain dari Afrika, Brasil dan Argentina yang kualitasnya lebih dari pemain kita."

Namun, langkah Bagus ke FC Utrecht tak berjalan mulus. Ia masih memiliki kontrak bersama Barito Putera sampai Oktober 2021.

GIF Banner Promo Testimoni

Pada Senin (2/11) lalu, manajemen Barito Putera pernah mengungkapkan syarat bagi Bagus gabung ke Utrecht.

CEO PS Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman menyebut setidaknya ada dua syarat. Pertama, pihaknya ingin ada jaminan bahwa Bagus selesainya di Utrecht harus bermain lagi untuk Barito Putera.

"Kalau nanti Bagus bisa main di luar negeri, nanti pada saat dia tidak main di Eropa lagi dia kembali ke Barito Putera. Itu permintaan kami yang pertama," kata Hasnur, Senin (2/11).

Syarat kedua adalah kompensasi. Karena biar bagaimanapun kembaran Amiruddin Bagas Kahfa itu punya kontrak Laskar Antasari.

"Kedua, soal kompensasi. Itulah yang menjadi pembicaraan waktu itu karena masih terikat kontrak maka mereka menghubungi kami memohon-mohon untuk bisa mengeluarkan surat keluar karena surat ini sangat ditunggu oleh Ultrecht waktu itu," ucap Hasnur.

Kini Bagus batal bergabung Utrecht. Bagus kemudian mengunggah di Instagram terkait kekecewaannya gabung ke klub yang bermarkas di Stadion Galgenwaard Utrecht tersebut.

Dalam unggahan itu dia menyatakan mimpinya harus kandas. Dia juga menyebut janji tinggallah janji, karena gara-gara sesuatu yang dia tidak mengerti dia batal ke Utrecht.

"Karena hal yang saya tidak mengerti, mimpi saya harus terhenti. Janji, janji , janji. Sayang kali ini tidak berarti," tulis Bagus.

[Gambas:Instagram]

(jun)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK