Kronologi Mobil Grosjean Terbakar di F1 GP Bahrain

CNN Indonesia | Minggu, 29/11/2020 23:54 WIB
Pembalap tim Hass Romain Grosjean mengalami kecelakaan horor hingga akhirnya mobil Formula 1 miliknya terbakar di F1 Grand Prix Bahrain. Mobil F1 Romain Grosjean terbakar di GP Bahrain. (AP/Brynn Lennon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembalap tim Hass Romain Grosjean mengalami kecelakaan horor hingga akhirnya mobil Formula 1 miliknya terbakar di F1 Grand Prix Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Minggu (29/11).

F1 GP Bahrain merupakan bagian dari seri-seri terakhir pada Formula 1 2020. Balapan berikutnya tetap digelar di Bahrain pada pekan depan sebelum ditutup di F1 GP Abu Dhabi pada 13 Desember.

Akan tetapi, jelang berakhirnya F1 2020, nasib kurang baik dialami pembalap Prancis Romain Grosjean yang mengalami insiden horor di F1 GP Bahrain.


Kronologi Mobil Grosjean Terbakar di F1 GP Bahrain:

Grosjain memulai balapan GP Bahrain dari posisi ke-19. Mulanya balapan berjalan mulus hingga melewati tikungan 1.

Hampir tidak ada masalah berarti yang dialami para pembalap di tikungan 2. Namun, situasi berbeda terjadi setelah tikungan 3.

Haas driver Romain Grosjean of France is helped by medical staff after he crashed his car during the Formula One race in Bahrain International Circuit in Sakhir, Bahrain, Sunday, Nov. 29, 2020. (Hamad Mohammed, Pool via AP)Romain Grosjean mendapat bantuan dari tim medis F1. (AP/Hamad Mohammed)

Tidak lama usai tikungan 3, mobil Grosjean membentur pembatas dan mengalami kecelakaan hebat hingga akhirnya terbakar dan terbelah dua.

Dalam sejumlah tayangan ulang, kecelakaan itu bermula dari Groesjean yang hendak menyalip lewat sisi kanan.

Saat hendak menyalip, ban kanan bagian belakang mobil Grosjean bersenggolan dengan ban kiri bagian depan milik Daniil Kvyat dari tim Alpha Tauri.

Senggolan itu membuat Grosjean kehilangan kedali sehingga mobilnya keluar jalur di sisi kanan dan menabrak pagar pembatas.

[Gambas:Video CNN]


Mobil Grosjean pun langsung terbelah dua dan terbakar hebat. Petugas balapan langsung mengibarkan bendera merah.

Beruntung bagi Grosjean, pembalap 34 tahun itu bisa keluar dari insiden mengerikan itu sebelum dibantu petugas medis balapan.

Dikutip dari CNN Internasional, Sky Sports memperkirakan Grosjean berada di dalam mobilnya yang terbakar selama 18-20 detik sebelum muncul dari kobaran api.

GIF Banner Promo Testimoni

"Dalam 12 tahun saya tidak pernah melihat api sebesar itu. Kamudian Romain mulai keluar dari mobilnya sendiri, hal tersebut luar biasa setelah kejadian seperti itu," kata Alan van der Merwe, pengemudi mobil medis, kepada Sky Sports.

Menurut Van der Merwe, keberhasilan Grosjean keluar dari kecelakaan maut itu tidak lain karena halo, penghalang, sabuk pengaman, semuanya bekerja sebagaimana mestinya.

Melalui akun Twitter, tim Haas mengondirmasi Grosjean langsung dilarikan ke rumah sakit guna mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Akibat insiden itu balapan dihentikan setidaknya selama 45 menit guna memastikan lintasan kembali steril.

(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK