LIGA CHAMPIONS

Messi Absen, Braithwaite Jadi Striker 'Hantu' Barcelona

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 01:24 WIB
Barcelona bisa mengandalkan Martin Braithwaite usai Lionel Messi dipastikan absen melawan Ferencvaros di Liga Champions. Ronald Koeman dipastikan tak membawa Lionel Messi saat melawan Ferencvaros. (AP/Joan Monfort).
Jakarta, CNN Indonesia --

Barcelona bisa mengandalkan Martin Braithwaite usai Lionel Messi dipastikan absen kala away ke Ferencvaros di matchday kelima Grup G Liga Champions, Kamis (3/12) dini hari WIB.

Ronald Koeman memutuskan memarkir Messi di laga kelima Liga Champions. Pelatih asal Belanda juga tak membawa Phillipe Coutinho dan Marc-Andre Ter Stegen ke Hungaria.

Ketiganya tak dibawa, pertama, Barcelona sudah memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions. Kedua, Koeman ingin memberi mereka waktu istirahat karena jadwal padat hingga akhir Desember ini.


Selain itu, dengan tak memainkan mereka melawan Ferencvaros, maka bisa menghindarkan dari potensi cedera.

Koeman diprediksi bakal tetap memadukan pemain senior, pelapis, dan pemain muda seperti saat menang 4-0 atas Dynamo Kiev pekan lalu.

GIF Banner Promo Testimoni

Di depan Koeman bisa mengandalkan Braithwaite untuk mengobrak-abrik pertahanan Ferencvaros. Striker Denmark itu juga tengah moncer dengan mencetak tiga gol dan satu assist dalam dua laga berturut.

Braithwaite memang bisa diandalkan Koeman karena meski jarang menyentuh bola dia tetap bisa efektif. Pergerakan tanpa bolanya seperti hantu, sulit dibaca bek-bek lawan.

Dua laga melawan Kiev di Liga Champions dan Osasuna di Liga Spanyol kemarin menunjukkan hal tersebut.

Melawan Kiev, Braithwaite hanya melakukan 28 kali sentuhan bola dan 20 kali melepas umpan serta sekali dribel sukses. Dia juga cuma membuat dua tembakan namun dua-duanya berujung gol.

Gol pertamanya bahkan menunjukkan bahwa pergerakan tanpa bolanya cukup bagus. Dimana saat situasi sepak pojok dia tiba-tiba bergerak di antara bek Kiev lalu ke tiang jauh untuk menyambut bola sundulan Oscar Mingueza dengan kakinya, dan gol.

Barcelona's Martin Braithwaite, left, scores his side's second goal during the Champions League group G soccer match between Dynamo Kyiv and FC Barcelona at the Olimpiyskiy Stadium in Kyiv, Ukraine, Tuesday, Nov. 24, 2020. (AP Photo/Efrem Lukatsky)Martin Braithwaite saat mencetak gol ke gawang Dynamo Kiev. (AP/Efrem Lukatsky).

Melawan Osasuna juga sama. Eks pemain Leganes itu juga cuma 24 kali menyentuh bola, tanpa membuat dribel, dan dua kali tembakan.

Bahkan salah satu tembakan itu berujung gol, namun juga berasal dari kaki, melainkan dengkul. Pada prosesnnya, saat bola hasil umpan tarik dari kiri, Braithwaite tiba-tiba sudah di muka gawang dan menyambutnya dengan sepakan yang membentur kiper Osasuna.

Bola liar itu kemudian memantul dengkulnya dan melambung ke dalam gawang. Itulah gol pembuka Barcelona di pertandingan itu yang berkahir kemenangan telak.

Selain Braithwaite, Koeman juga bisa mengandalkan Antoine Griezmann melawan Ferencvaros. Griezmann juga lagi moncer dengan mencetak dua gol dalam dua laga terakhir melawan Kiev dan Osasuna.

Tentu keduanya benar-benar bisa diandalkan Koeman yang menargetkan kemenangan untuk menjaga peluang juara grup.

"Sangat penting untuk lolos ke babak selanjutnya dan kami sudah melakukannya di Kiev. Tapi mental kami sebagai Barcelona tentu menginginkan kemenangan di setiap laga," kata Koeman di kutip dari situs resmi UEFA Champions League.

"Kami ingin mengakhiri di posisi teratas di grup. Apalagi kami unggul tiga poin dari Juventus dan masih ada dua pertandingan yang harus dimainkan," ucapnya.

(osc/jun)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK