80 Persen Warga Jepang Ingin Olimpiade Ditunda atau Batal

ptr, CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 14:00 WIB
Berdasarkan hasil survei terbaru, 80 persen warga Jepang ingin Olimpiade 2020 tak terlaksana, baik itu ditunda maupun dibatalkan. 80 persen warga menolak pelaksanaan Olimpiade di pertengahan tahun ini. (AP/Eugene Hoshiko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berdasarkan hasil survei terbaru, 80 persen warga Jepang ingin Olimpiade 2020 tak terlaksana, baik itu ditunda maupun dibatalkan.

Dikutip dari reuters, survei menyebut 35,3 persen ingin Olimpiade dibatalkan dan 44,8 persen memilih untuk kembali ditunda.

Olimpiade 2020 sudah mengalami penundaan selama setahun seiring pandemi corona yang melanda dunia.


Perdana Menteri Yoshihide Suga sudah menyatakan bahwa status darurat untuk daerah Tokyo dan bisa memperluas area darurat itu seiring merebaknya gelombang baru corona.

Secara umum, 79 persen menganggap keputusan Suga untuk menetapkan status darurat disebut terlambat dan 68 persen mengaku tidak puas dengan respons pemerintah menghadapi pandemi.

A man wearing a protective face mask to help curb the spread of the coronavirus walks with the Olympic rings in the background in the Odaiba section Tuesday, Dec. 1, 2020, in Tokyo. The rings were removed for maintenance four months ago shortly after the Tokyo Olympics were postponed until next year because of the COVID-19 pandemic. (AP Photo/Eugene Hoshiko)Olimpiade sudah ditunda satu tahun dari pandemi corona. (AP/Eugene Hoshiko)

Dengan kondisi pandemi yang belum bisa ditangani sepenuhnya, ancaman pelaksanaan Olimpiade pun terasa kembali nyata. Terlebih bila tiap negara masih melakukan pembatasan berpergian atau pelarangan masuk ke dan dari sejumlah negara.

Olimpiade adalah pesta olahraga terbesar dunia dan ribuan atlet bakal terkumpul di dalamnya dari berbagai penjuru dunia. Hal itu yang membuat tata cara pelaksanaan Olimpiade harus dipikirkan matang-matang, terlebih bila kondisi pandemi masih belum terkendali seperti saat ini.

Pada awal Desember lalu, Suga masih menegaskan keyakinan untuk melaksanakan gelaran Olimpiade.

GIF Banner Promo Testimoni

"Saya berpendirian teguh untuk menggelar Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo di tahun depan sekaligus sebagai pembuktian bahwa kemanusiaan telah mengalahkan pandemi," ucap Suga.

(ptr/sry)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK