YONEX THAILAND OPEN

Pebulutangkis India Masuk Kategori Risiko Tinggi Covid-19

CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 15:17 WIB
BWF menyebut pemain India masuk kategori risiko tinggi terpapar Covid-19 dalam Yonex Thailand Open usai tes positif pada salah satu pemain. Saina Nehwal telah diputuskan kalah pada babak pertama Thailand Open. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badminton World Federation (BWF) menyebut pemain India memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19 dalam rangkaian pelaksanaan kejuaraan di Thailand, termasuk Yonex Thailand Open 2021 yang sedang berlangsung.

Dalam rilis resmi, BWF menyatakan ada empat pemain dari tiga negara yang memiliki hasil positif pada tes Covid-19 yang berlangsung Senin (11/1).

Setelah dites ulang, hanya satu pemain asal India yang tetap dinyatakan positif. Sementara tiga atlet lain yang berasal dari India, Jerman dan Mesir dinyatakan negatif. Kendati demikian ketiga atlet tersebut tetap akan menjalani tes lagi.


"BWF dan Asosiasi Badminton Thailand akan terus mengikuti protokol yang dikeluarkan otoritas kesehatan setempat untuk memastikan keselamatan peserta lain."

"Seluruh tim India dikategorikan berisiko tinggi oleh otoritas kesehatan Thailand dan semua pemain serta rombongan tim saat ini sedang melakukan karantina sendiri di kamar mereka, di hotel, dan akan menjalani tes PCR hari ini," tulis keterangan BWF dalam situs resmi.

Saina Nehwal melaju ke perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015 dengan mengalahkan pebulutangkis Li Xuerui dengan skor 21-17, 14-21, 21-17, pada Kamis (13/8). (CNN Indonesia/Putra Permata Tegas)Saina Nehwal sempat disebut positif Covid-19 pada Selasa (12/1) pagi. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegas)

BWF pun memastikan satu pemain India yang masih positif akan diisolasi selama minimal 10 hari di rumah sakit dan akan dites lagi hari ini.

Dua pertandingan yang melibatkan pemain positif tersebut serta rekan sekamarnya sudah dinyatakan tidak dilangsungkan dan kemenangan diberikan kepada lawan dari pemain India itu.

BWF mengingatkan agar setiap individu tunduk pada pengujian harian hingga pemberitahuan lebih lanjut dari departemen pengendalian penyakit, namun tetap bermain setelah memberikan hasil negatif.

GIF Banner Promo Testimoni

Pemain-pemain India yang dijadwalkan bermain hari ini tetap dipersilakan bermain, namun pelatih, manajer, dan personel lain tidak diperkenankan berada di lapangan.

Salah satu wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa, mengalahkan wakil Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emmanuelle Widjaja pada laga babak pertama yang berlangsung pagi tadi.

Sebelum BWF mengeluarkan pernyataan resmi mengenai pemain India memiliki risiko tinggi Covid-19, Saina Nehwal dan HS Prannoy disebut positif Covid-19. Sementara Parupalli Kashyap yang merupakan suami Saina berada dalam observasi rumah sakit.

Sejak pekan lalu, atlet-atlet yang direncanakan tampil di Yonex Thailand Open, Toyota Thailand Open, dan BWF World Final Super Series sudah menjalani tiga kali tes Covid-19.

(nva/sry)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK