Syahrian Abimanyu, dari Jebolan Persija ke Newcastle

CNN Indonesia | Jumat, 15/01/2021 17:34 WIB
Syahrian Abimanyu menjadi salah satu pemain potensial Indonesia yang selangkah lagi bakal bergabung dengan klub asal Australia, Newcastle Jets. Syahrian Abimanyu (tengah) sedikit lagi gabung Newcastle Jets. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Syahrian Abimanyu menjadi salah satu pemain potensial Indonesia yang selangkah lagi bakal bergabung dengan klub asal Australia, Newcastle Jets.

Pemain yang akrab disapa Abi itu memulai karier sepak bolanya bersama Sekolah Sepak Bola (SSB) Jaya Mandiri Bogor. Kemudian ia mengikuti seleksi dan bergabung dengan Jakarta Football Academy sebelum akhirnya berkesempatan dikirim mengikuti latihan bersama Atletico Levante UD B di Spanyol.

Dilansir Transfermarkt, karier profesional Syahrian Abimanyu di Indonesia diawali ketika ia memilih bergabung dengan Persija Jakarta pada musim 2016-2017.


Tak sampai semusim, Syahrian Abimanyu kemudian pindah ke Sriwijaya FC dengan status bebas transfer pada musim 2017-2018 di mana sang ayah, Rasiman berstatus sebagai Asisten Pelatih Rahmad Darmawan (RD) kala itu.

Hanya setahun, Syahrian Abimanyu kemudian pindah ke Madura United mengikuti sang ayah dan RD yang direkrut Tim Sapeh Kerrab pada 2019.

Kontrak Abi dengan MU habis pada akhir 2019, yang kemudian membawanya dilirik klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT). Syahrian resmi jadi pemain JDT pada 23 Desember lalu.

Bersama klub Malaysia itu Syahrian mendapat kontrak tiga tahun dengan perjanjian. Salah satu klausul dalam kontrak itu, Syahrian akan dipinjamkan JDT ke klub lain pada musim pertama.

Terbukti, JDT disebut telah sepakat untuk meminjamkan Syahrian Abimanyu ke klub asal Australia atau A-League, Newcastle Jets.

[Gambas:Video CNN]

"Iya rencananya begitu [dipinjamkan JDT ke Newcastle Jets]. Masih menunggu konfirmasi dari JDT, yang konfirmasi resminya kan di situ," kata Rasiman melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Kamis (14/1).

Syahrian Abimanyu, pesepakbola yang genap berusia 22 tahun pada 25 April mendatang juga dianggap sebagai pemain potensial buat masa depan Timnas Indonesia.

Kariernya dalam berseragam Merah Putih dimulai saat gabung dengan Timnas Indonesia U-16 untuk tampil di Piala AFF U-16 pada 2013 lalu bersama pelatih Sutan Harhara.

GIF Banner Promo Testimoni

Kala itu, Timnas U-16 yang diperkuat Syahrian Abimanyu itu gagal meraih juara setelah kalah melalui adu penalti saat jumpa Malaysia di final. Sejak itu, anak dari Rasiman yang saat ini menjadi asisten pelatih Madura United tersebut tidak pernah absen bergabung dengan Timnas Indonesia.

Karier Syahrian Abimanyu makin melesat ketika ia dipercaya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 untuk tampil di Piala AFF U-19 2017 dan 2018 serta Piala Asia U-19 2018.

Inda Sjafri yang jadi pelatih Timnas Indonesia U-23 juga menaruh kepercayaan kepada Syahrian di skuad SEA Games 2019 di Filipina.

Meski demikian, Dewi Fortuna belum berpihak kepada Syahrian setelah Timnas U-23 harus puas dengan medali perak usai kalah dari Vietnam 0-3 di final SEA Games 2019.

Saat ini Syahrian Abimanyu juga kembali masuk daftar pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae Yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-23 dalam persiapan menuju SEA Games 2021 di Vietnam pada Desember mendatang.

(TTF/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK