Sekjen PASI: Luhut Binsar Pandjaitan Bersedia Jadi Ketua

CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 16:00 WIB
Sekjen PB PASI Tigor Tanjung menyebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sudah bersedia menjadi ketua umum. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan disebut bersedia jadi Ketua Umum PB PASI. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI), Tigor Tanjung menyebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sudah menyatakan bersedia untuk memimpin atletik Indonesia menggantikan Bob Hasan.

Tigor mengatakan kesediaan Luhut menjadi calon Ketua Umum PASI karena komunikasi yang dibangun antara dirinya dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia itu. Nama Luhut selanjutnya bakal menjadi calon tunggal dalam Musyawarah Nasional (Munas) PASI pada Senin (25/1) mendatang.

"Pencarian ini proses yang panjang dan butuh kerja keras. Kami ajak orang ke PASI bukan untuk senang-senang, tapi banyak pengorbanannya."


"Ini terjadi karena komunikasi saya dengan beliau [LBP], saya minta beliau maju. Kan dalam proses pencarian yang kami lakukan ada mendekati dan didekati. Pak Luhut ini kami dekati dan beliau menyatakan bersedia dan sanggup menjadi Ketua PASI 2021-2025. Dan ada surat pernyataannya juga," kata Tigor kepada CNNIndonesia.com, Rabu (20/1).

Atlet cabang olahraga atletik mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Atletik di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (3/9/2019). PB PASI terus memberikan latihan kepada atlet-atlet atletik sebagai persiapan ajang SEA Games 2019 di Filipina.PB PASI tengah mencari sosok ketua umum baru pengganti Bob Hasan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Dalam komunikasi yang dibangun dengan Luhut, Tigor mengatakan sudah berdiskusi dan menceritakan kondisi di PASI. Luhut juga disebut telah memberikan gagasan yang sejalan dengan tujuan dan keinginan PASI.

Terlebih, Luhut memiliki posisi strategis sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia. Semua itu dianggap Tigor akan menjadi kekuatan yang baik untuk mendukung PASI.

"Apalagi modal beliau kan besar. Sebagai tentara, pengalamannya banyak, disiplin, tekad, keberanian dan pernah jadi Duta Besar, pernah jadi diplomat. Beliau juga jadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Pengusaha juga, jadi mengerti seluk beluk swasta juga tidak cuma pemerintah saja," jelasnya.

GIF Banner Promo Testimoni

Tigor juga menjelaskan ia sudah mensosialisasikan rencana pencalonan Luhut Binsar Panjaitan sebagai Ketua Umum PASI ke daerah. Menurutnya, mayoritas daerah mendukung Luhut maju ke PASI.

"PASI ini organisasi yang mengutamakan musyawarah untuk mufakat. Calon yang ada sekarang menurut saya dan pengprov adalah yang paling tepat," sebut Tigor.

Menjadi calon Ketua Umum PASI, Luhut disebut Tigor memiliki pekerjaan rumah (PR) yang relatif banyak. Termasuk melanjutkan apa yang telah dibangun oleh Bob Hasan.

"Era Pak Bob sulit diulangi, tapi kan ada masanya. Sekarang kita harus berani masuk ke zaman baru, daerah harus giat, jangan hanya andalkan pusat, kemampuan pelatih ditingkatkan. Sarana dan prasarana di daerah harus dibangun dan membuat sejarah baru. Saat ini di masa transisi ini bisa krusial sebab itu harus dipegang orang yang berkarakter kuat dengan segala kemampuannya seperti Pak Luhut," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK