Fernandes vs Liverpool: Cadangan, Main, Bawa Man Utd Menang

ptr, CNN Indonesia | Senin, 25/01/2021 03:29 WIB
Solskjaer membuat keputusan tepat ketika menurunkan Bruno Fernandes di pertengahan babak kedua  Manchester United vs Liverpool. Bruno Fernandes jadi bintang kemenangan Manchester United lewat gol penentu di menit ke-78(AP/Martin Rickett)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ole Gunnar Solskjaer membuat keputusan tepat ketika memilih menurunkan Bruno Fernandes di pertengahan babak kedua dalam duel Manchester United vs Liverpool.

Skor sama kuat 2-2 ketika Solskjaer meminta Fernandes bermain. Solskjaer memang memilih tidak menurunkan Fernandes sejak awal di laga ini.

Dengan jadwal yang padat dan ketat, Solskjaer memang harus pintar mengatur rotasi agar timnya kuat untuk terus tampil konsisten hingga akhir musim.


Tetapi ketika kondisi sama kuat 2-2, Solskjaer merasa sudah saatnya ia menurunkan Fernandes yang dalam satu tahun terakhir jadi pemain terbaik Manchester United. Karena itu, Fernandes turun bermain di menit ke-66.

Liverpool's Mohamed Salah, second right shoots and scores his sides 2nd goal of the game during the English FA Cup 4th round soccer match between Manchester United and Liverpool at Old Trafford in Manchester, England, Sunday, Jan. 24, 2021. (Phil Noble/Pool via AP)Manchester United sempat tertekan usai Liverpool menyamakan kedudukan jadi 2-2. (AP/Phil Noble)

Sesaat sebelum Fernandes bermain, Man Utd dalam kondisi tertekan karena Liverpool baru saja menyamakan kedudukan dan kemudian mendapatkan sejumlah peluang untuk berbalik unggul.

Begitu Fernandes main, performa Manchester United yang memang bagus di laga ini bertambah impresif. Kombinasi Fernandes dengan Paul Pogba dan Scott McTominay di lini tengah membuat serangan Man Utd makin hidup.

Hanya butuh 12 menit bagi Fernandes untuk kembali membawa Manchester United mendapatkan keunggulan. Ketika Manchester United mendapatkan tendangan bebas, Fernandes berdiri sebagai algojo yang bersiap mengeksekusi bola.

Dengan sejumlah pemain Liverpool berdiri sebagai pagar hidup, Fernandes memilih mengarahkan bola ke tiang jauh yang tak dilindungi oleh pagar hidup.

Pilihan Fernandes terbukti tepat. Tendangan keras Fernandes ke arah tiang jauh tak diduga oleh Alisson Becker. Bola bersarang telak ke gawang Liverpool.

GIF Banner Promo Testimoni

Gol tendangan bebas Fernandes membuat Manchester United kembali memiliki keunggulan 3-2 di menit ke-78. Gol ini juga turut memberikan tekanan besar bagi Liverpool di sisa laga.

Fernandes bahkan nyaris jadi aktor kelahiran gol keempat Manchester United. Umpan silang Fernandes bisa disundul oleh Edinson Cavani, tetapi bola hanya membentur tiang gawang.

Gol tendangan bebas Fernandes pada akhirnya jadi gol terakhir yang tercipta di laga tersebut. Manchester United lolos ke babak kelima Piala FA.

Pilihan strategi Solskjaer terbilang tepat di laga ini. Ia tidak memforsir tenaga Fernandes namun tetap bisa mendapatkan manfaat dari kejeniusan pemain asal Portugal yang hanya turun bermain selama sekitar 34 menit.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK