LIB Lega Polisi Beri Izin Piala Menpora 2021

jal, CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 17:30 WIB
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengaku lega kepolisian memberi izin gelaran Piala Menpora 2021 sebagai turnamen pramusim. Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita bersyukur polisi memberi izin Piala Menpora 2021. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita mengaku bersyukur dan lega usai pihak kepolisian resmi memberikan rekomendasi izin penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang menjadi turnamen pramusim pada 20 Maret 2021.

Hadian Lukita mengatakan izin yang dikeluarkan polisi dalam bentuk surat rekomendasi yang diserahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Kamis (18/2).

"Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME [kalau sudah diizinkan]. Kerja keras semua pihak termasuk klub, pemain, pelatih, suporter, media dan siapapun yang terlibat," ucap Hadian Lukita kepada CNNIndonesia.com usai pengumuman resmi.


"Mudah-mudahan kami bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan berdampak positif bagi siapapun," ujarnya.

Surat rekomendasi izin untuk digelarnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021 nantinya akan diserahkan Menpora kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan LIB selaku operator kompetisi. Selanjutnya, PSSI dan LIB bakal meneruskannya kepada 18 klub peserta Liga 1 dan dua tambahan dari klub Liga 2.

"Ada beberapa poin yang kemungkinan bakal ditegaskan kembali polisi dalam surat rekomendasi tersebut. Misalnya, semua peserta yang terlibat harus swab test, diharapkan tidak ada penonton, semua harus bisa diakses lewat televisi dan masih banyak lagi," imbuhnya.

Rekomendasi ini sekaligus menjawab pertanyaan soal kepastian yang selama ini dipertanyakan klub. Namun, rekomendasi ini sekaligus ujian buat PSSI, LIB, klub, dan suporter untuk memegang komitmen kepatuhan terhadap aturan protokol kesehatan yang diminta pihak kepolisian.

Jika dalam pelaksanaan pramusim Piala Menpora 2021 terdapat pelanggaran aturan protokol kesehatan, pihak kepolisian berhak untuk mengevaluasi. Hasil evaluasi itu yang akan jadi dasar untuk izin penyelenggaraan Liga 1 2021 pada Juni mendatang.

"Sementara rekomendasi ini hanya untuk pramusim. Untuk kompetisi nanti setelah pramusim, atau rekomendasi susulan berikutnya tergantung evaluasi di pramusim," jelas Hadian Lukita.

[Gambas:Video CNN]


Rencananya gelaran turnamen pramusim akan mulai pada 20 Maret sampai 25 April 2021. Pesertanya terdiri dari 18 klub Liga 1 ditambah dua klub Liga 2. Format turnamen ini akan dibagi menjadi empat grup dan masing-masing dipusatkan di satu wilayah.

Dalam permohonannya ke Kepolisian, LIB telah melampirkan Bandung, Malang, Solo, dan Sleman sebagai tuan rumah dengan alternatif lain yakni Solo, Bandung, Malang dan Palembang.

Sebelumnya, Kepolisian melalui Kapolri Listyo Sigit Prabowo secara resmi memberikan izin turnamen pramusim Piala Menpora 2021 kepada Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Kamis (18/2) sore.

"Di dalam rapat kami sepakati untuk memberikan kesempatan izin terkait dengan penyelenggaraan turnamen pramusim, tentunya dengan catatan bahwa penegakan aturan terkait dengan masalah protokol kesehatan itu menjadi syarat utama," ucap Listyo Sigit.

(osc/osc)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK