PSSI Pastikan Prokes Uji Coba Timnas U-23 Aman

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 16:26 WIB
PSSI memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan secara ketat pada laga uji coba Timnas Indonesia U-23 vs PS Tira Persikabo. PSSI dipanggil Menpora usai Timnas U-23 gagal uji coba. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan secara ketat pada laga uji coba Timnas Indonesia U-23 vs PS Tira Persikabo di Stadion Madya, Rabu (3/3) malam, yang batal digelar usai tidak mendapat izin dari polisi.

Kepastian prokes itu disampaikan PSSI saat memenuhi pemanggilan Menpora Zainudin Amali. Menpora memanggil PSSI secara mendadak di kantornya pada Kamis (4/3) terkait batalnya laga uji coba Timnas U-23 vs PS Tira.

"Ditanya, apakah tadi malem digelar sesuai prokes? Iya. Kemarin (Rabu 3/3) pagi, Sekjen (Yunus Nusi) mempresentasikan ke Baintelkam Mabes Polri. Dan Ketua Panpel kemarin kami minta jelaskan," kata Iwan Budianto.


Selain soal prokes, PSSI juga dicecar pertanyaan seputar urgensi penyelenggaraan uji coba bagi Timnas Indonesia U-23. Sebelumnya, Sesmenpora Gatot S Dewabroto mengungkapkan, saat mengurus izin Piala Menpora 2021 ke pihak kepolisian, PSSI tidak menyertakan izin uji coba Timnas U-23.

"Kami bilang, kegiatan uji coba itu merupakan rangkaian dari roadmap yang telah dibuat Shin Tae Yong yang TC-nya berakhir di 8 Maret, bahwa minimal ada dua laga uji coba. Supaya kesannya saya tidak mengada-ada, saya minta Coach Indra Sjafri dan Nova Arianto yang jelaskan ke Pak Menteri," ucap Iwan Budianto.

[Gambas:Video CNN]

Di samping membahas laga uji coba yang batal, pertemuan PSSI dengan Menpora itu juga melaporkan perkembangan gelaran Piala Menpora 2021.

"Jadi dengan gagalnya laga uji coba semalam, ada beberapa pihak terkait yang menanyakan apakah Piala Menpora tetap jadi? Apakah pembukaan tetap 21 Maret? Maka itu kami perlu melaporkan karena titelnya kan Piala Menpora," terang Iwan Budianto.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengaku memaklumi kondisi yang dialami PSSI terkait pembatalan uji coba Timnas U-23 vs PS Tira.

Banner Testimoni

"Saya mengundang PSSI, ada Waketum, Sekjen, Dirtek, pelatih yang diwakili Nova, Ketua Panpel uji coba Lauren, ada Deputi Sekjen saya undang karena kemarin rencana melakukan uji coba batal. Saya mendengarkan dari mereka bagaimana prosesnya dan sebagainya," ujar Menpora kepada media.

"Kami sudah cukup membantu untuk Piala Menpora yang nanti akan digelar 21 Maret di Solo. Tapi sebeum itu ada kegiatan yang harusnya semalam. Dari penjelasan PSSI saya bisa memaklumi. Sudahlah yang terjadi tidak usah dilihat ke belakang, ke depannya saja seperti apa," ucap Manepora menambahkan.

Terkait prokes yang jadi perhatian Menpora kepada PSSI dalam laga uji coba Timnas U-23, Zainudin Amali meminta PSSI melakukan yang terbaik.

"Mereka sampaikan dan saya tanya penerapan prokes bagaimana? Mereka sampaikan persis seperti di Piala Menpora, bedanya di durasi waktu. Piala Menpora beberapa hari sebelumnya clear up lapangan sebelum pertandingan rinci lah. Saya bilang kita akan lakukan untuk yang terbaik buat sepak bola," tutur Zainudin Amali.

(TTF/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK