Uji Coba Timnas U-23 Jadi Simulasi Piala Menpora 2021

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 18:17 WIB
Menpora Zainudin Amali menyebut laga uji coba Timnas Indonesia U-23 bakal menjadi simulasi turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Menpora Zainudin Amali menyebut uji coba Timnas U-23 jadi simulasi Piala Menpora. (CNN Indonesia/Michael Josua Stefanus)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut laga uji coba Timnas Indonesia U-23 bakal menjadi ajang simulasi jelang turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Timnas U-23 sendiri sempat mengalami pembatalan uji coba ketika melawan pada Rabu (3/3) karena tidak mendapatkan izin kepolisian.

Akan tetapi, rencana uji coba Timnas U-23 itu kini tinggal menungu izin kepolisian usai koordinasi antara PSSI, Menpora, dan kepolisian pada Kamis (4/3).


Timnas U-23 dijadwalkan menggelar dua uji coba pada pekan ini. Tim asuhan Shin Tae Yong akan berduel dengan PS Tira Persikabo, Jumat (5/3) dan menghadapi Bali United pada Minggu (7/3).

Simulasi dalam laga uji coba Timnas U-23 nanti guna meyakinkan banyak pihak terkait kembali aktifnya sepak bola di masa pandemi Covid-19.

Pada uji coba Timnas U-23 nanti juga akan diterapkan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

[Gambas:Video CNN]

"Uji coba ini juga bisa dijadikan sebagai ajang simulasi untuk tanggal 21 Maret, Piala Menpora. Kalau ada kekurangan, tentu kita akan perbaiki. Tapi kalau sudah oke, tidak ada masalah, termasuk berapa yang boleh di lapangan, media berapa itu semua dijelaskan."

"Jadi kami berharap besok akan ada hal yang menjadi simulasi dari pelaksanaan Piala Menpora, soal izin [dari] kepolisian bukan kami. Saya hanya membantu supaya saat penyelenggaraan protokol dipatuhi sungguh-sungguh," kata Menpora Amali di ruang kerjanya, Kamis (4/3).

Banner Testimoni

Soal pembatalan lagi uji coba Timnas Indonesia U-23 pada Rabu malam, Menpora Amali mengatakan sudah mendengarkan kronologi dari PSSI.

Menurut Menpora berdasarkan penjelasan PSSI, uji coba itu merupakan permintaan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Bahkan rencananya PSSI mau mendatangkan tim dari luar negeri, namun dalam situasi pandemi Covid-19 tidak mudah mencari tim yang mau datang dengan melalui prosedur karantina dan sebagainya.

"Sehingga, menjelang kembali ke klub belum dapat klub [lawan uji coba dari luar negeri]. Jadi alternatifnya uji coba dengan klub dalam negeri yang memenuhi kriteria yang ada di PSSI," Menpora menjelaskan.

"Tadi pagi saya komunikasi dengan Polri dan mereka sedang mempertimbangkan. Saya bilang semua keputusan di Polri, saya hanya menyampaikan berbagai pertimbangan dari sisi mami supaya ini bisa dijalankan," ucap Menpora Amali menambahkan.

(TTF/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK