Jan Blachowicz, Sisi Mistis di Balik Juara UFC

PTR, CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 16:56 WIB
Jan Blachowicz sempat jadi bulan-bulanan pada awal kariernya di UFC namun kemudian kini menjelma jadi juara light heavyweight. Jan Blachowicz kini jadi juara kelas light heavyweight UFC. (Sean M. Haffey/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jan Blachowicz sempat jadi bulan-bulanan di awal kariernya di UFC. Namun kini ia sukses jadi pemegang sabuk juara kelas light heavyweight.

Blachowicz datang ke UFC setelah memegang rekor 17-3 dalam kariernya di dunia mixed martial arts. Debutnya di UFC Pun terbilang manis karena ia menang TKO di ronde pertama dalam laga lawan Ilir Latifi di 2014.

Namun karier Blachowicz di UFC berubah jadi mimpi buruk. Dalam lima laga berikutnya, Blachowicz menelan empat kekalahan. Kesemuanya merupakan kekalahan angka.


Deret petarung yang mengalahkannya adalah Jimi Manuwa, Corey Anderson, Alexander Gustafsson, dan Patrick Cummins.

LAS VEGAS, NEVADA - JULY 06: Jan Blachowicz of Poland looks on after defeating Luke Rockhold of the United States by TKO in their UFC 239 Light Heavyweight bout at T-Mobile Arena on July 06, 2019 in Las Vegas, Nevada.   Sean M. Haffey/Getty Images/AFPJan Blachowicz menelan empat kekalahan dalam enam laga awal di UFC. (AFP/Sean M. Haffey)

Momen di 2017

Pada suatu hari di 2017, Blachowicz tengah berjalan-jalan di hutan Warsawa. Ia menemukan seseorang gantung diri. Polisi lalu bertanya pada Blachowicz soal tali gantung diri.

"Ketika kamu menemukan orang gantung diri, kamu mengambil talinya untuk keberuntungan. Itulah yang orang percaya di masa lalu," ucap Blachowicz menirukan ucapan petugas pada dirinya.

"Saya lalu memeriksa di internet dan yakin bahwa hal itulah yang dipercayai banyak orang," katanya menambahkan.

Blachowicz tidak benar-benar mengambil tali yang digunakan untuk gantung diri tersebut. Namun ia selalu kembali ke hutan tempat momen itu terjadi tiap kali ia ingin melakukan duel di UFC.

"Sejak saat itu, setiap kali saya ingin duel, saya datang ke sini. Saya menyentuh tali itu [yang masih tergantung di pohon], alih-alih membawa pulang tali itu. Dan sejak saya melakukan itu, saya memiliki 90 persen sukses [menang]," ucap Blachowicz.

Percaya tak percaya, Blachowicz hanya menelan satu kali kekalahan dalam sembilan laga berikutnya di UFC. Peringkatnya pun melesat di light heavyweight dan bahkan berkesempatan merebut sabuk juara yang lowong.

Banner Testimoni

Dalam duel lawan Dominick Reyes, Blachowicz tampil dahsyat dan sukses menang TKO di ronde kedua. Kombinasi pukulan Blachowicz berhasil membuat Reyes terjungkal sehingga wasit menghentikan pertarungan dengan keputusan TKO.

Untuk laga UFC 259, Blachowicz yang kini berstatus sebagai juara kelas light heavyweight bakal menghadapi lawan berat. Israel Adesanya, raja kelas menengah memutuskan naik kelas dan datang menantang Blachowicz.

Kehadiran Adesanya tentu jadi pisau bermata dua bagi Blachowicz. Adesanya jelas lawan berat untuk duel perdana mempertahankan gelar, namun di sisi lain kemenangan atas Adesanya yang sejauh ini belum terkalahkan bakal makin meningkatkan popularitas Blachowicz.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK