Tanda-tanda Olimpiade Tokyo 2020 Tanpa Penonton

jal, CNN Indonesia | Rabu, 10/03/2021 14:11 WIB
Olimpiade Tokyo 2020 kemungkinan berlangsung tanpa kehadiran penonton dari luar Jepang untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Olimpiade 2020 kemungkinan tidak akan disaksikan oleh penonton. (AP/Eugene Hoshiko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olimpiade 2020 kemungkinan berlangsung tanpa kehadiran penonton dari luar Jepang. Olimpiade 2020 direncanakan berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

Dilansir dari AFP, pemerintah Jepang dilaporkan akan mengeluarkan keputusan yang melarang penonton dari luar negeri untuk hadir di Olimpiade 2020. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir resiko penyebaran virus Covid-19.

Larangan ini juga akan berlaku buat keluarga dari para atlet yang akan tampil di Olimpiade 2020. Belasan ribu atlet yang berlomba mengukir prestasi pada pesta olahraga terakbar di dunia itu tidak akan didukung secara langsung oleh orang-orang terdekat mereka.


Pengumuman terkait larangan penonton asing ini akan dibahas saat Pemerintah Jepang bertemu dengan panitia penyelenggara Olimpiade 2020 Tokyo (TOGOC), Komite Olimpiade Internasional (IOC), dan Komite Paralimpik Internasional (IPC). Keputusan pun akan diambil usai pertemuan yang direncanakan berlangsung pada pekan depan.

Presiden TOGOC, Seiko Hashimoto juga menilai sulit buat keluarga para atlet tidak masuk dalam larangan ini. Seiko mengatakan perlu melihat kepentingan yang lebih luas.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Ini [atlet tampil di Olimpiade] adalah kesempatan yang mungkin hanya sekali mereka dapatkan dalam hidup. Dari sisi emosional saya ingin keluarga-keluarga para atlet bisa menonton," ucap Seiko kepada Mainichi Shimbun seperti dilansir AFP.

"Tetapi kita harus berpikir mengenai sistem penanganan medis di Jepang. Jadi dengan berat hati saya harus mengatakan itu sulit," ia menjelaskan.

Sebelumnya kantor berita Negeri Matahari Terbit, Kyodo pada Selasa (9/3) menyatakan tidak mungkin untuk mengizinkan penonton dari luar Jepang hadir di Olimpiade 2020. Ini seiring kekhawatiran di antara warga Jepang di tengah pandemi Covid-19 dan ancaman varian baru virus corona yang sudah terjadi di banyak negara.

Berdasarkan polling Yomiuri Shimbun yang dimuat pada pekan ini, sebanyak 75 persen responden juga menolak wacana penonton dari luar negeri bisa menonton langsung Olimpiade 2020. Dari laporan yang ada sebanyak 900 ribu tiket Olimpiade 2020 telah terjual di luar Jepang.

[Gambas:Video CNN]

(jal/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK