Anies Baswedan: Progres Pembangunan JIS Capai 50,4 Persen

rhr, CNN Indonesia | Selasa, 16/03/2021 21:43 WIB
Pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang akan menjadi kandang Persija Jakarta telah mencapai separuh jalan. Pembangunan Jakarta Internasional Stadium (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang akan menjadi kandang Persija Jakarta telah mencapai separuh jalan. Hal tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau ke lokasi proyek di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Melalui unggahan dalam akun Instagram resmi miliknya, Anies menyampaikan progres pembangunan Jakarta Internasional Stadium yang telah memasuki minggu ke-80.

"Alhamdulillah, memasuki minggu ke-80 dan progres pembangunan JIS kini mencapai 50,4%. Separuh jalan lagi," kata Anies dalam akun instagramnya.


Jakarta International Stadium rencananya akan memiliki tribune 3 tingkat yang dapat menampung 82.000 penonton, di mana kapasitas ini lebih besar dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat ini.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Stadion ini juga akan dilengkapi berbagai fasilitas. Di antaranya, ruang khusus VIP, kursi khusus disabilitas sebanyak 200 buah, lapangan latihan, hingga atap stadion yang dapat dibuka-tutup.

Stadion yang dibangun dengan gaya modern dan mewah ini dipastikan akan memenuhi standar FIFA serta standar green building.

Jakarta International Stadium juga akan menjadi stadion multifungsi. Selain untuk pertandingan sepak bola, stadion ini dapat dipakai untuk konser musik.

"Sepak bola bukan sekadar olahraga tapi juga alat pemersatu karena itu nanti hadirnya JIS ini bukan hanya memfasilitasi kegiatan olahraga tapi juga memfasilitasi bertemunya semua unsur yang ada di Ibu Kota, yang ada di sekeliling Jabodetabek, bahkan mungkin domestik dan internasional," ucap Anies.

[Gambas:Instagram]

Stadion ini semula akan dibangun pada tahun 2012, namun tertunda. Pembangunan markas tim Macan Kemayoran ini baru terlaksana pada 2019. Stadion yang dibangun oleh PT. Jakarta Propertindo ini ditargetkan selesai pada akhir 2021 dengan anggaran pembangunan sebesar Rp4 sampai 5 triliun.

Jika sudah selesai, nama stadion kemungkinan bisa berubah dengan adanya kesepakatan bisnis dengan sponsor yang ingin membeli nama stadion.

"Terima kasih dan apresiasi kepada semua yang terlibat dalam pembangunan Jakarta International Stadium dan terus kawal bersama pembangunan stadion kita," kata Anies.

[Gambas:Video CNN]

(rhr/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK