Kisah Asnawi Mangkualam dari Gelandang ke Bek Sayap Kanan

CNN Indonesia | Selasa, 30/03/2021 19:40 WIB
Asnawi Mangkualam Bahar mengalami perubahan posisi dari gelandang bertahan menjadi bek kanan saat ditangani Indra Sjafri. Aksi Asnawi Mangkualam saat memperkuat timnas Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat masih belia, Asnawi Mangkualam Bahar ditempa sang ayah, Bahar Muharram, menjadi seorang gelandang bertahan. Tak sia-sia, ketika berusia 14 tahun, Asnawi masuk skuad Timnas Indonesia U-16.

Ketika itu Asnawi menjadi pemain termuda. Walau begitu, Sutan Harhara, pelatih Timnas U-16 untuk Piala AFF 2013, menjadikannya sebagai pemain inti. Pemuda kelahiran 4 Oktober 1999 ini pun membawa Timnas U-16 melaju hingga partai final.

Tiga tahun setelahnya, tepatnya pada 2016, Asnawi dipanggil Eduard Tjong membela Timnas U-19. Lagi-lagi, Asnawi menjadi pemain termuda yang tampil dalam Piala AFF U-19 2016 di Vietnam, yakni berusia 17 tahun.


Sama seperti dalam asuhan Sutan Harhara, Eduard Tjong tetap menjadikan Asnawi sebagai gelandang bertahan. Sayang, kali ini pemain binaan PSM Makassar ini tak bisa membawa Timnas U-19 lolos dari babak grup.

Pada 2017, saat Indra Sjafri kembali dipinang PSSI untuk Timnas U-19, Asnawi masuk daftar panggil. Bedanya, Indra tak menempatkan pencetak gol termuda Indonesia Soccer Championship 2016 ini sebagai gelandang, melainkan sebagai bek sayap kanan.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Rupanya, reposisi yang dilakukan Indra ini malah membuat nama Asnawi makin melambung. Buktinya, hingga kini Asnawi tercatat sebagai pemain termuda Indonesia saat debut dalam laga internasional, yakni pada 21 Maret 2017.

Asnawi pun menjadi pemain yang tak tergantikan saat menjuarai Piala AFF U-22 2019. Dalam ajang ini Indra rutin melakukan rotasi, termasuk dengan pergantian, tetapi tidak dengan Asnawi. Ia main penuh dalam lima laga.

Karena kualitasnya sebagai bek sayap itulah Asnawi dipinang klub kasta kedua Korea Selatan, Ansan Greeners. Pada 28 Maret 2021, Asnawi baru saja menjalani debutnya bersama Greeners.

Pemain muda terbaik Piala Presiden 2019 ini tampil sebagai pemain inti. Laga ini berakhir dengan kemenangan 1-0 Ansan Greeners atas Yangpyeong FC.

Ansan Greeners selanjutnya akan tampil pada babak ketiga Piala FA Korea 2021. Pada fase ini Greeners akan menghadapi sesama kontestan kasta kedua Liga Korea, Chungnam Asan FC. Laga ini akan berlangsung pada 14 April 2021.

Mengenai debut Asnawi di Korea Selatan, Direktur Teknik PSSI dan eks-pelatih di Timnas U-19, Indra Sjafri, menyambut positif. Indra yakin Asnawi akan semakin berkembang selama berlatih dengan keras.

"Pemindahan posisi dia yang saya lakukan dari midfielder ke wing back atau full back sangat manfaat sekali. Asnawi jauh lebih berkembang dari posisi sebelumnya," kata Indra kepada CNN Indonesia pada Selasa (30/3).

[Gambas:Video CNN]

(abd/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK