Irene Sukandar Ditahan Imbang Raffi Ahmad

CNN Indonesia | Minggu, 04/04/2021 15:56 WIB
International Master Irene Kharisma Sukandar bermain imbang dengan Raffi Ahmad dalam sebuah pertandingan catur yang berlangsung Minggu (4/4). Irene Kharisma Sukandar menjalani tantangan blind chess melawan Raffi Ahmad. (Tangkapan layar instagram @irene_sukandar)
Jakarta, CNN Indonesia --

International Master Irene Kharisma Sukandar bermain imbang dengan Raffi Ahmad dalam sebuah pertandingan catur yang berlangsung Minggu (4/4) sore.

Dalam pertandingan ini, Raffi langsung menghadap papan catur sementara Irene berada di dalam mobil yang dikendarai Akbar Rais.

Irene melakukan blind chess atau bermain catur tanpa melihat langsung papan catur dan buah catur. Irene hanya menyebut kode langkah atau notasi untuk menggerakkan bidak catur dengan bantuan orang lain.


Irene yang memakai bidak putih melakukan pembukaan king's pawn dengan mengarahkan pion ke kotak e4. Selain melawan Raffi, Irene juga harus menghadapi distorsi dari rasa pusing berada di dalam mobil yang dikendarai Akbar secara drifting.

Kendati berada di dalam mobil yang berjalan belok ke kanan dan ke kiri, Irene masih mampu menjaga konsentrasi.

Justru Raffi yang terlihat kebingungan beberapa kali karena frustrasi salah dalam melangkah. Raffi kian terlihat emosional setelah Irene memakan menterinya.

Setelah berlangsung lebih dari 10 menit, Irene pun menawarkan draw kepada Raffi dalam pertandingan yang disiarkan langsung melalui situs YouTube Rans Entertainment tersebut.

Tawaran tersebut langsung disambut gembira Raffi yang sudah menyangka bakal kalah. Pertandingan hanya berlangsung dalam satu ronde saja.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Hadiah sebanyak Rp100 juta untuk pemenang dan Rp20 juta untuk yang kalah kemudian dibagi dua. Namun Raffi kemudian menyebut mengikhlaskan Rp60 juta untuk disumbangkan kepada mantan atlet catur.

Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatkan pertandingan Irene vs Raffi sebagai pertandingan catur pertama yang digabungkan dengan drift mobil.

Sebelumnya Irene dalam beberapa pekan terakhir menjalani dua dwitarung, yakni melawan Dewa Kipas alias Dadang Subur dan IM Levy Rozman yang terkenal dengan akun GothamChess di aplikasi catur Chess.com.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK