Jan Krzysztof Duda, Pemutus Rekor Magnus Carlsen

CNN Indonesia | Kamis, 08/04/2021 18:28 WIB
Grand Master catur asal Polandia, Jan-Krzysztof Duda membuat kejutan di akhir tahun 2020 dengan mengalahkan pecatur nomor satu dunia, Magnus Carlsen. Grand Master catur asal Polandia, Jan-Krzysztof Duda (Foto: Tangkapan layar web jkduda.pl)
Jakarta, CNN Indonesia --

Grand Master catur asal Polandia, Jan-Krzysztof Duda, membuat kejutan di akhir tahun 2020 dengan mengalahkan pecatur nomor satu dunia, Magnus Carlsen.

Juara catur dunia Magnus Carlsen menderita kekalahan pertamanya setelah lebih dari dua tahun, dengan catatan rekor 125 pertandingan tak terkalahkan saat bermain di turnamen negara asalnya, Norwegia. Pecatur peringkat 15 dunia Jan-Krzysztof Duda yang menghentikan rekor Carlsen saat itu.

Duda yang berusia 22 tahun berhasil melakukan apa yang belum pernah dilakukan oleh pecatur mana pun, termasuk 10 pemain top dunia, sejak Carlsen menelan kekalahan terakhirnya pada Juli 2018.


Rekor tak terkalahkan Carlsen dimulai sejak 31 Juli 2018, ketika Grand Master Azerbaijan Shakhriyar Mamedyarov mengalahkannya. Sampai Oktober 2020, Carlsen telah mencetak 44 kemenangan dan 81 hasil imbang melawan lawan-lawannya.

"Saya tidak berharap untuk memenangkan pertandingan ini. Tapi, saya jelas sangat bahagia," kata Duda kepada Chess 24.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Duda, lahir 26 April 1998 di Krakow-Polandia. Dia telah bermain catur sejak usia 5 tahun.

Pada usia 7, ia memenangkan Piala Polandia U-8 dan setahun kemudian ia melakukan debutnya di peringkat dunia FIDE. Berbagai gelar juara dari U-8 hingga U-10 telah diraihnya dalam kejuaraan catur cepat dan catur klasik.

Bahkan, saat usia 13 tahun, Duda sudah menjuarai kejuaraan catur di Polandia untuk usia di bawah 18 tahun.

Duda mendapatkan gelar grand master pada 2013 saat berusia 15 tahun. Dia kemudian dianugerahi Silver Cross of Merit oleh pemerintah Polandia usai memenangkan medali emas di kejuaraan Prancis pada 2016.

Pada Oktober 2020, nama Duda kian melambung saat berpartisipasi dalam turnamen catur "Altibox Norway Chess" di mana ia memecahkan rekor 125 pertandingan tanpa kekalahan yang dipegang oleh juara dunia Magnus Carlsen.

Kini, Duda menduduki peringkat ke-16 dunia dan memiliki FIDE rating 2759.

[Gambas:Video CNN]

(jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK