Setelah Doping, Lance Armstrong Dituduh Pakai Motor Sepeda

jun, CNN Indonesia | Senin, 12/04/2021 19:34 WIB
Setelah terbukti menggunakan doping pada 2012 dan mengakuinya pada 2013, Lance Armstrong mendapat tuduhan baru. Lance Amstrong mendapat tuduhan menggunakan motor sepeda. (Getty Images via AFP/EZRA SHAW)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah terbukti menggunakan doping pada 2012 dan mengakuinya pada 2013, Lance Armstrong mendapat tuduhan baru. Ia dituding menggunakan motor sepeda saat balapan pada 1998 dan 2001.

Pembalap sepeda asal Amerika Serikat yang tujuh gelar Tour de France miliknya dicopot pada 2012 tersebut dituding menggunakan teknologi motor untuk sepeda yang dipasang di sepedanya oleh mantan bos Anti-Doping Prancis, Jean-Pierre Verdy.

"Lance Armstrong adalah penipu terbesar; dia terlibat di setiap tingkatan, dia mendapat perlakuan khusus," kata Verdy dalam wawancara dengan Le Parisien, dikutip dari Marca pada Senin (12/4).


Verdy menambahkan, asumsinya tersebut berkaca dari performa Amstrong saat balapan. Ketika itu pada 1998 dan 2001, ia menggambarkan, Amstrong sangat digdaya di trek tanjakan pegunungan, sedangkan pembalap lain kepayahan di tengah jalur yang sama.

"Saya juga percaya bahwa dia (Lance Armstrong) memiliki motor di sepedanya. Saya masih memiliki gambaran di kepala saya tentang tanjakan gunung tempat dia meninggalkan semua orang. Pada akhirnya saya memanggil semua spesialis yang saya kenal dan mereka tidak mengerti bagaimana kinerja seperti itu dimungkinkan, bahkan dengan EPO (erythropoietin)," ucap Verdy.

Jurnalis senior asal Prancis yang puluhan tahun meliput balapan sepeda, Antoine Vayer, turut mendukung asumsi itu. Pada Jumat (9/4), Vayer mengunggah rekaman Armstrong yang diduga menyalakan motor sepeda pada bagian belakang jok sepedanya saat balapan.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Adapun motor sepeda sudah cukup marak digunakan masyarakat luas di Eropa dan Amerika pada akhir abad ke-20. Tepatnya pada 1998 motor sepeda ini telah dijual kepada masyarakat umum. Namun, teknologi ini sangat terlarang untuk kompetisi tingkat elite.

Motor sepeda ini umumnya memiliki berat sekitar 800 gram dan memiliki tenaga 500 watt. Tenaga dari motor ini disebut cukup untuk membuat para pengendara sepeda berlari kencang di trek tanjakan yang curam.

Dengan kemasannya yang ringan dan kecil, motor sepeda tersebut bisa dipasang pada salah satu tabung sepeda sehingga tak terlihat. Mesin ini terhubung ke roda gigi melalui kabel. Setelah diaktifkan, motor ini mulai memberi daya pada pedal.

[Gambas:Video CNN]

(abd/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK