GM Hikaru Nakamura Minta Maaf soal Drama Catur

CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 12:14 WIB
Grand Master (GM) catur Hikaru Nakamura telah merilis pernyataan untuk menanggapi drama antara dia dan sesama grandmaster catur Eric Hansen. Ilustrasi pertandingan catur. (Foto: jarmoluk/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Grand Master (GM) catur Hikaru Nakamura telah merilis pernyataan untuk menanggapi drama antara dia dan sesama grandmaster catur Eric Hansen. Nakamura juga meminta maaf kepada komunitas catur.

Ketegangan baru - baru ini terjadi antara Nakamura dan Hansen yang dipicu karena pertandingan catur kilat yang kontroversial pada 27 Maret 2021 lalu.

Saat itu terjadi miskomunikasi antara kedua pemain yang menyebabkan Nakamura menuduh Hansen melakukan tindakan tidak sportif. Nakamura menawarkan hasil imbang tapi Hansen tidak menerimanya.


Kasus ini diperparah dengan adanya klaim dari Chessbae94 yang mengelola saluran YouTube Nakamura yang memberikan teguran pelanggaran hak cipta pada Hansen yang juga sering membagikan video pertandingan di channel youtube-nya.

Nakamura akhirnya menyadari jika tindakannya berlebihan. Nakamura akhirnya meminta maaf dan memutus kerja sama dengan Chessbae94.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Ini sudah cukup jauh. Ini tidak hanya buruk untuk semua yang terlibat, tetapi buruk untuk catur. Penonton dan penggemar kami memiliki harapan yang tinggi untuk bagaimana kita semua berperilaku, dan dengan perselisihan dan hal-hal negatif ini kami mengecewakan mereka - termasuk saya sendiri," tulis Nakamura di postingan Twitlonger.

Nakamura menjelaskan jika dirinya selalu berambisi untuk menang. Sehingga, keinginan yang besar itu kadang membutakan perasaannya.

"Seperti yang Anda ketahui, saya telah menjadi pesaing yang sengit sepanjang hidup saya. Saya bermain untuk menang. Karena itu, keinginan untuk menang ini dan sifat kompetitif saya yang ekstrim terkadang melintas ke dalam kehidupan nyata. Kalau dipikir-pikir, saya menyadari bahwa kadang-kadang sikap saya ketika berinteraksi dengan orang lain negatif. Saya benar-benar minta maaf, dan akan memperbaikinya," ucap Nakamura.

Nakamura juga menyatakan dia akan mengambil peran yang lebih aktif dalam mengelola akun YouTube-nya.

"Meskipun bermaksud baik, saya sepenuhnya mengakui bahwa mereka yang bekerja atas nama saya seharusnya tidak secara agresif mengejar teguran hak cipta. Mulai sekarang, saya akan lebih dapat melihat semua hal yang terkait dengan akun dan bisnis saya," ucap Nakamura.

"Saya tidak akan lagi bekerja dengan Chessbae. Saya menghargai apa yang telah dia lakukan untuk saya dan dunia catur, tetapi sekarang saatnya untuk pindah dengan tim baru."

Terkait masalahnya dengan Eric Hansen, Nakamura mengaku akan meminta maaf secara pribadi.

"Sehubungan dengan Chessbrah / Eric Hansen, kami perlu terhubung secara pribadi untuk mencoba menyelesaikan masalah kami. Saya tidak akan melakukan ini di forum publik dan tidak akan berbicara secara terbuka tentang dia lagi. Sebagai dua pembuat konten catur paling terkenal dalam game ini, kami memiliki tanggung jawab kepada komunitas untuk setidaknya bertemu sebagai professional," ucap Nakamura.

Pecatur Amerika Serikat itu juga meminta maaf kepada penggemarnya yang kecewa.

"Untuk mereka yang kecewa dengan tindakan kita semua, saya benar-benar minta maaf. Jelas saya suka permainan ini, dan hasrat saya kadang-kadang bisa menjadi yang terbaik dari diri saya. Saya berharap kita semua dapat bergerak maju dari ini, dan fokus pada hal yang paling penting," kata Nakamura.

[Gambas:Video CNN]



(nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK