Neville: MU dan Liverpool Didegradasi jika Ikut Super League

CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 20:48 WIB
Gary Neville mengatakan Manchester United dan Liverpool layak didegradasi jika sudah pasti berpartisipasi di European Super League. Manchester United termasuk satu dari dari 12 klub pendiri European Super League. (AP/Dave Thompson)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengamat sepak bola, Gary Neville mengatakan Manchester United dan Liverpool layak didegradasi jika sudah pasti berpartisipasi di European Super League.

Neville mengaku gagasan untuk mendirikan European Super League merupakan sebuah aksi kriminal. Ia pun dengan tegas mengatakan merasa jijik dengan keputusan Big Six Liga Inggris yang disebut masuk dalam daftar pendiri European Super League.

Neville menilai langkah enam klub tersebut, khususnya Man Utd dan Liverpool seperti mengkhianati sejarah panjang yang telah mereka bangun sedemikian lama. Oleh karena itu, Neville tidak segan meminta Man Utd dan Liverpool didegradasi jika perjanjian untuk mengikuti European Super League telah ditandatangani.


"Jika mereka mengumumkan surat perjanjian telah ditandatangani, enam klub itu harus dihukum berat. Denda yang besar, pengurangan poin, cabut gelar mereka," ujar Neville kepada Sky Sports seperti dilansir Daily Mail.

"Berikan gelar kepada Burnley. Biarkan Fulham tetap bertahan [di Liga Inggris], degradasi United, Liverpool, dan Arsenal. Tiga klub tersebut adalah sejarah dari negara ini, mereka yang seharusnya paling menderita."

Man Utd dan Liverpool adalah dua tim tersukses di tanah Inggris. The Red Devils saat ini mengoleksi 20 gelar Liga Inggris dibuntuti Liverpool dengan 19 gelar.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Dua tim ini juga jadi yang tersukses di ajang Liga Champions. Liverpool meraih enam gelar diikuti Man United dengan raihan tiga gelar.

Man United, Liverpool, dan empat tim lain yang disebut Big Six termasuk dalam daftar 12 klub pendiri European Super League. Enam klub lainnya terdiri dari Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid (Spanyol), Juventus, AC Milan, dan Inter Milan (Italia).

Kompetisi European Super League rencananya akan diikuti oleh 20 klub Eropa. Kompetisi ini rencananya mulai bergulir pada musim 2023/2024 dengan digelar setiap pertengahan pekan di bulan Agustus hingga Mei.

[Gambas:Video CNN]

(jal/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK