Format Liga 2 2021: Dibagi 4 Grup dan Berlangsung 6 Bulan

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 16:30 WIB
Kompetisi Liga 2 2021 rencananya akan digelar dengan format empat grup dan berlangsung selama enam bulan. Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita. (Foto: CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kompetisi Liga 2 2021 rencananya akan digelar dengan format empat grup dan berlangsung selama enam bulan.

Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengaku sudah menyiapkan format kompetisi Liga 2 2021. Kompetisi yang akan diikuti 24 tim ini akan dimulai dua pekan setelah kick-off Liga 1 2021.

"Rencananya, Liga 2 akan dibuat 4 grup nanti akan di-drawing lagi. Seperti turnamen, tapi formatnya kompetisi dengan jumlah pertandingannya lebih banyak. Sekarang bisa-bisa 6 bulan durasinya. Tapi ini masih rancangan yang belum ditetapkan PSSI," ujar Hadian Lukita kepada CNNIndonesia.com, Selasa (4/5).


Pada kompetisi Liga 2 2019 kompetisi digelar dengan format dua wilayah, namun karena masa pandemi seperti saat ini maka kompetisi akan digelar dengan sistem home tournament dengan dibagi empat grup.

Pemain Persis Solo Andrid (21)  berebut bola dengan pemain Persebo Bondowoso Handik (7) pada pertandingan persahabatan Divisi Utama 2015 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (6/4). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/Maulana Surya/ss/NZ/15.Persis Solo akan tampil dengan skuad mewah di Liga 2 2021. (Foto: Maulana Surya)

Format ini dinilai yang terbaik untuk diterapkan di masa pandemi dengan pertandingan terpusat di empat daerah. Terlebih, insfrastruktur stadion Liga 2 yang belum merata juga menjadi kendala bagi LIB.

"Tidak gampang merancang Liga 2, klubnya lebih merata dari Liga 1, jadi lebih banyak di daerah. Tantangannya bagaimana menyelenggarakan pertandingan yang lebih berkualitas. Kebanyakan infrastruktur stadion Liga 2 belum bisa disesuaikan dengan protokol kesehatan," ujar Hadian Lukita menambahkan.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Terpenting, tegas Hadian Lukita, bukan hanya soal klub mana yang terkenal tapi juga bagaimana cara membuat kompetisi menjadi lebih berkualitas. Baik dari sisi manajemen yang profesional maupun timnya yang berprestasi supaya bisa menarik dari sisi industri.

"Kami mau Liga 2 bisa mempertontonkan pertandingan yang lebih bagus dan berkualitas. Harus lebih baik dari sebelumnya yang kita dengar banyak permainan, banyak kasus. Supaya kompetisinya bersih sehingga bisa memberikan multiplayer efek ke bawah dan bibit-bibit muda tertarik ke sepak bola," ucap Hadian.

[Gambas:Video CNN]



(TTF/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK