Borneo FC: Liga 1 Alami Kemunduran Jika Tanpa Degradasi

CNN Indonesia | Kamis, 06/05/2021 16:58 WIB
Presiden Klub Borneo FC, Nabil Husein tidak setuju kompetisi Liga 1 musim 2021/2022 digelar tanpa degradasi. Pemain Borneo FC Terens Puhiri saat menghadapi PSM dalam sebuah pertandingan. (Foto: Antara Foto/ ARI BOWO SUCIPTO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Klub Borneo FC Nabil Husein tidak setuju kompetisi Liga 1 musim 2021/2022 digelar tanpa degradasi karena bisa membuat sepak bola mengalami kemunduran.

Persoalan mengenai ada atau tidaknya sistem degradasi pada kompetisi Liga 1 2021/2022 masih menjadi perdebatan dan akan diputuskan lewat Kongres PSSI, 29 Mei mendatang.

"Borneo FC ingin sepak bola yang jelas aturannya. Karena tanpa degradasi, satu kemunduran sepak bola Indonesia. Ya sepak bolanya tidak ada kemajuan. Kualitas sepak bola Indonesia itu yang saya soroti," kata Nabil ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis (6/5).


Mestinya, dikatakan Nabil, dalam sepak bola profesional jika ada degradasi harus dibarengi dengan promosi. Tidak bisa jika hanya salah satunya saja yang diterapkan dalam sebuah kompetisi profesional seperti Liga 1.

"Di sepak bola profesional mesti ada degradasi. Selagi ada promosi ya harus ada degradasi," kata Nabil.

Pemain Arema FC Dendi Santoso (kiri) berusaha melewati hadangan pemain PSIS Semarang Alfeandra Dewangga Santoso (kiri) pada pertandingan Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (30/3/2021). Pada pertandingan tersebut PSIS Semarang menang dengan skor 3-2 dan memastikan lolos ke babak delapan besar. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.Status Liga 1 2021 akan ditentukan pada Kongres PSSI, 29 Mei mendatang. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Sebelumnya, Arema FC mengusulkan supaya tidak ada degradasi untuk Liga 1 2021. Usulan itu akan diajukan Arema pada Kongres Tahunan PSSI yang rencananya digelar pada 29 Mei mendatang.

Kondisi pandemi juga membuat kegiatan sepak bola, termasuk Liga 1, sempat terhenti dalam kurun waktu setahun terakhir.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Arema akan menunggu dinamika perkembangan terkait persiapan kompetisi sejauh ini seperti apa. Sebagian klub memang mengusulkan wacana tersebut, tapi bagi Arema keputusannya adalah tetap di kongres," kata Media Officer Arema FC, Sudarmaji dikutip dari situs klub.

[Gambas:Video CNN]

(rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK