Rossi Menunggu Hari Penentuan di MotoGP Italia

ptr, CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 16:48 WIB
Valentino Rossi tidak kompetitif sejauh ini dan MotoGP Italia bisa jadi penentuan masa depan kariernya sebagai pembalap. Valentino Rossi bisa memutuskan masa depan di MotoGP Italia. (Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Valentino Rossi tidak menonjol di MotoGP Prancis meski bisa finis di posisi ke-11 dan masa depan Rossi mungkin bisa ditentukan di MotoGP Italia.

Catatan finis ke-11 adalah torehan terbaik Rossi di MotoGP 2021. Meski demikian, Rossi tidak bisa unjuk gigi dan hanya sekadar meramaikan balapan dari awal start sampai finis.

Setelah tampil biasa-biasa saja di Le Mans, peluang Rossi untuk melanjutkan karier balapnya di musim depan makin sulit untuk diwujudkan.


Bila merujuk pernyataan Rossi sebelumnya, Rossi punya opsi perpanjangan kontrak satu tahun namun hanya akan memperpanjang kontrak bila tampil kompetitif musim ini.

Merujuk lima seri yang telah berjalan, Rossi bisa dibilang sama sekali tidak tampil kompetitif. Rossi tidak bisa bersaing di rombongan depan dan hanya sekadar penghias balapan.

MotoGP - French Grand Prix - Circuit Bugatti, Le Mans, France - May 15, 2021 Petronas Yamaha SRT's Valentino Rossi in action during qualifying REUTERS/Stephane MaheValentino Rossi juga tidak kompetitif di MotoGP Prancis. (REUTERS/STEPHANE MAHE)

Padahal di sisi lain, Franco Morbidelli yang merupakan rekan setimnya bisa lebih kompetitif di awal musim ini. Selain itu dua pembalap pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales jauh lebih baik dibandingkan Rossi.

Dengan kondisi demikian, MotoGP Italia bisa jadi penentuan sikap Rossi terkait masa depan. Menjelang paruh musim, hasil balapan di MotoGP Italia bisa jadi bahan pertimbangan bagi 'The Doctor'.

Petronas Yamaha sendiri menanti sikap Rossi terhadap penentuan masa depan. Andai Rossi memutuskan pensiun, Petronas Yamaha bakal punya waktu yang panjang untuk menentukan calon pembalap mereka musim depan.

Sirkuit Mugello yang jadi trek MotoGP Italia adalah balapan yang amat familiar bagi Rossi. Rossi pernah meraih sembilan kemenangan di sirkuit tersebut meski terakhir kali mendapatkannya pada 2008.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Walaupun sudah lama tak juara, Rossi punya catatan bagus di Mugello di luar masalah kecelakaan atau mesin rusak yang sempat dialami pada 2019 dan 2016. Andai Rossi dan Petronas Yamaha juga tak bisa 'menggigit' di Mugello, indikasi Rossi untuk pensiun bakal makin kuat.

Sebelumnya, Rossi tampil mengecewakan di MotoGP Qatar dan MotoGP Spanyol. Padahal di masa lalu, dua seri tersebut merupakan seri andalan Rossi.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK