Shin Tae Yong Marah Baggott Batal Gabung Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 24/05/2021 18:57 WIB
Ketidakhadiran Elkan Baggott dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 disebut membuat marah pelatih Shin Tae Yong. Elkan Baggott pernah memperkuat Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketidakhadiran Elkan Baggott dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 disebut membuat marah pelatih Shin Tae Yong.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan pihaknya sudah bersikap tegas mengenai pembatalan Baggott bergabung dengan Timnas Indonesia.

"Kami juga agak keras dengan Elkan. Kami sudah kontak, dia enggak respons. Kami sudah kirim tiket dia ke Dubai. Saya tanya agak keras ke Elkan, 'Kamu masih mau bela Timnas Indonesia enggak?'. Yang [mengirim] WhatsApp Sekjen saya. Dia sampaikan, dia akan bela Timnas tapi klubnya enggak izinkan dia ke Dubai. Menurut dia, Dubai zona merah," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule usai rapat koordinasi membahas izin Liga 1 2021/2022 di Kantor Kemenpora, Senin (24/5).


"Ada WhatsApp-nya [Elkan Baggott] dengan Pak Indra Sjafri. Bisa ditanyakan [ke Indra Sjafri]. Saya terakhir agak keras, ini orang mau bela kita [Indonesia] atau enggak. Shin Tae Yong juga marah. Dulu dia minta main di Timnas, sekarang kok susah sekali," ujarnya melanjutkan.

elkan baggottElkan Baggott ketika berlatih bersama Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)

Menurut Iwan Bule, Baggott melakukan kesalahan dengan tidak menjawab PSSI setelah beberapa kali ditanya soal keputusan gabung dengan Timnas Indonesia. Meskipun telat, tapi akhirnya pemain Ipswich Town itu menjawab tetap akan membela Timnas Indonesia, walaupun saat ini tak bisa berangkat ke Dubai untuk bergabung dengan pemain lain di Skuat Garuda.

Iwan Bule pun mengutarakan sudah berupaya mendatangkan Baggott dengan mengurus segala macam hal yang dibutuhkan untuk menjalani TC di Dubai.

[Gambas:Video CNN]

"Klubnya yang tidak kasih izin. Elkan sudah sampaikan. Dari klubnya enggak ngasih [izin]. Kalau ada apa-apa klubnya enggak mau rugi. Padahal kita sudah bantu KTP-nya biometrik. Sudah komunikasi dengan Menteri Luar Negeri dan tinggal jadi [KTP] karena itu syarat yang penting."

"Kalau begini mereka sudah klub mereka mengira mungkin kesulitan karena Dubai zona merah. Tapi sekarang masih sehat-sehat saja tuh anak-anak," ucap Iwan Bule.

Isu mengenai Baggott yang absen dalam training center jelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 memunculkan beragam spekulasi, termasuk mengenai ketidakseriusan pemain 18 tahun itu membela Timnas Indonesia.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Baggott yang memiliki darah Indonesia dari sang ibu juga masih bisa bermain untuk Inggris yang merupakan asal sang Ayah. Selain itu Baggott pun bisa membela tanah kelahirannya, Thailand.

Jika sudah mencatatkan satu caps untuk Timnas Indonesia di ajang resmi, maka Baggott tidak bisa membela negara lain lagi. Sejauh ini Baggott baru bermain untuk Timnas Indonesia U-19 dalam laga uji tanding.

(TTF/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK