Persib Sambut Positif Kejelasan Izin Liga 1

CNN Indonesia | Rabu, 26/05/2021 04:54 WIB
Persib Bandung menyambut positif kabar terkait akan diturunkannya izin Liga 1 2021 oleh Kepolisian Republik Indonesia. Persib sambut positif kabar terkait bakal dikeluarkannya izin Liga 1 dalam waktu dekat. (Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Persib Bandung menyambut positif kabar terkait akan diturunkannya izin Liga 1 2021 oleh Kepolisian Republik Indonesia. Pelatih Persib Robert Rene Alberts mulai menyiapkan rencana kembalinya digelar Liga 1 dengan program latihan selama enam pekan ke depan.

"Itu kabar yang sangat bagus dan itu kabar yang sudah kami nantikan lebih dari satu tahun. Dari informasi yang kami terima, Liga 1 akan dimulai pekan pertama Juli," kata Robert di Bandung, Selasa (25/5).

Namun demikian, Robert masih terus menunggu informasi yang valid terkait pelaksanaan Liga 1. Sebab, jadwal kompetisi juga akan menunggu hasil Kongres PSSI pada Sabtu (29/5) nanti.


"Maka dari itu, rencana yang kami siapkan adalah enam pekan sehingga tim sudah siap untuk bertanding pada pekan pertama Juli," ujar pelatih asal Belanda itu.

Robert juga yakin semua tim memiliki harapan yang sama seperti Persib dalam menentukan langkah dan menyusun program. Jika tidak ada kepastian jadwal dari PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku federasi dan operator kompetisi, maka sepak bola Indonesia akan kembali lesu.

"Yang saya harapkan adalah kami punya kesempatan untuk membawa sepak bola Indonesia untuk hidup kembali. Kami punya kesempatan untuk menstimulasi liga lagi dan membuat penonton menyaksikan pertandingan sepak bola yang sebenarnya lagi. Meski semua itu cuma bisa dilakukan dari jauh dan kami harus menerimanya," tuturnya.

"Jadi ini adalah kesempatan untuk memulai lagi sepak bola Indonesia dan melakukannya dengan cara yang tepat," ucap mantan pelatih PSM Makassar itu.

Robert juga berharap soal wacana adanya perubahan regulasi Liga 1, yang kini sedang berembus kencang itu tidak direalisasikan di tahun ini. Menurutnya, wacana itu dapat mengganggu format Liga 1 yang sudah ada.

"Saya harap Kongres ini bisa menjadi inspirasi bagi sepakbola Indonesia demi masa depan yang cerah. Dan juga termasuk format liga yang akan diterapkan," katanya.

Sebelumnya Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Imam Sugianto menyebut, surat izin Liga 1 2021/2022 berpeluang dikeluarkan secara resmi pada Kamis (27/5).

Dalam rapat koordinasi di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senin (24/5), Imam mengatakan kepolisian menyiapkan dua hal yang diperlukan untuk pelaksanaan Liga 1 2021/2022; yakni terkait perizinan dan kesiapan pengamanan.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Imam menyebut saat ini proses perizinan sedang berjalan setelah Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan surat permohonan sebelum Idul Fitri.

"Semoga tanggal 27 surat izin penyelenggaraan keramaian kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa kami keluarkan. Masih akan dilengkapi surat rekomendasi dari yang berketempatan dengan penyelenggaraan," kata Imam dalam konferensi pers usai Rakor di Kemenpora.

[Gambas:Video CNN]



(hyg/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK