Regulasi Liga 1 2021/2022: Persija Wajib Ganti Pelatih

CNN Indonesia | Kamis, 03/06/2021 20:37 WIB
Regulasi Liga 1 2021/2022 yang bakal mewajibkan pelatih berlisensi AFC A Pro dipastikan membuat Persija harus menganti juru taktik. Persija harus mengganti pelatih di Liga 1 2021/2022. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Liga 1 2021/2021 bakal menerapkan regulasi pelatih adalah AFC A Pro, sehingga klub yang masih menggunakan pelatih dengan lisensi di bawah standar tersebut harus melakukan pergantian seperti Persija Jakarta.

Kepastian regulasi pelatih berlisensi AFC A Pro tersebut diutarakan Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, Kamis (3/6) dalam rapat virtual dengan klub Liga 1.

"Salah satu regulasi kompetisinya itu kami sesuaikan seperti yang tertera dalam coaching requirement AFC, A Pro. Kami sampaikan kepada klub soal pelatih ini dan enggak ada tanggapan dari klub," kata Sudjarno.


"Regulasi kompetisinya nanti dari PSSI. Kami akan menjalani apa yang ditetapkan, tapi sepertinya akan seperti itu regulasinya, AFC A Pro. Klub tidak ada yang protes tadi," ujar mantan Kapolda Lampung ini.

Jika regulasi lisensi AFC A Pro ini ditetapkan, artinya beberapa klub harus mencari pelatih baru, seperti Persija dan Persiraja Banda Aceh karena pelatih Sudirman dan Hendri Susilo yang menjadi arsitek kedua tim tersebut masih berlisensi A AFC atau satu level di bawah standar yang ditentukan.

[Gambas:Video CNN]

Selain regulasi pelatih, PT LIB juga belum memastikan soal kuota pemain asing. PT LIB hanya menyampaikan kepada klub, skema yang diajukan ke PSSI adalah 3+1.

Maksudnya, pemain asing yang diperkenankan direkrut klub Liga 1 2021/2022 adalah tiga pemain asing dari negeri yang disahkan PSSI plus satu pemain asing dari Benua Asia.

PT LIB rencananya akan melakukan pertemuan tatap muka dengan klub-klub Liga 1 dan Liga 2 dalam waktu dekat. Pertemuan ini akan membahas hal-hal teknis terkait kompetisi.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Meski waktu pertemuan belum dipastikan, Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama PT LIB memastikan pertemuan itu akan terselenggara setelah draf jadwal dibagikan.

"Mulai pukul 13:30 WIB sampai 15:30 WIB kami mengadakan virtual meeting dengan klub Liga 1, kemudian 16:00 sampai 18:00 dengan Klub Liga 2. Inti dari pertemuan itu kami ingin memberitahukan izin Liga 1 dan 2 sudah keluar," kata Lukita.

(abd/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK