Izin Turnamen Piala Wali Kota Solo Masih Abu-abu

CNN Indonesia | Rabu, 09/06/2021 13:18 WIB
Perizinan turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo masih abu-abu karena masih belum mendapat izin dari pihak kepolisian. Persib dikabarkan mendapat undangan dalam turnamen Piala Wali Kota Solo 2021. (Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perizinan turnamen Piala Wali Kota Solo, yang merupakan ajang pramusim jelang Liga 1 2021/2022, masih abu-abu karena masih belum mendapat izin dari pihak kepolisian.

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto ketika dikonfirmasi soal rekomendasi untuk perizinan penyelenggaraan Piala Wali Kota Solo mengatakan sejauh ini berdasarkan komunikasi dengan Mabes Polri ada kemungkinan izin cukup di Polda setempat. Sebab pelaksanaannya masih dalam lingkup daerah Jawa Tengah.

"Perkembangan berikutnya, saya komunikasi Whatsapp dengan pihak Mahaka [Event organizer Piala Wali Kota Solo] dan bertanya bagaimana soal perizinan kepada saya. Saya sampaikan kebijakannya cukup izin dari Polda," kata Gatot kepada CNNIndonesia.com, Rabu (9/6).


"Tetapi Polda Jateng tidak bisa mengeluarkan izin karena alasannya ini lintas provinsi. Menurut saya, ini benar juga. Jadi jalan tengahnya, saya minta ke pihak Mahaka untuk kirim surat ke PSSI karena lintas Provinsi, biar nanti PSSI yang kirim surat ke Menpora untuk mendapatkan rekomendasi itu, tapi sejauh ini belum ada surat permohonan itu," jelas Gatot melalui sambungan telepon

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Tengah, Purwidyastanto mengatakan belum ada informasi apapun kepada pihaknya terkait gelaran turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo.

Purwidyastanto mengaku justru mengetahui perihal turnamen Piala Wali Kota Solo melalui pemberitaan yang ramai di media sosial. Bahkan sampai saat ini diketahui belum ada permohonan izin untuk menggunakan Stadion Manahan Solo sebagai venue penyelenggaraan.

"Kami dari Asprov sampai saat ini belum menerima surat tembusan apapun untuk kegiatan tersebut [Piala Walikota Solo]. Tapi pada prinsipnya, kami siap membantu karena kami ini perpanjangan tangan dari PSSI. Tapi sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi kegiatan tersebut," ujar Purwidyastanto.

Sebelumnya di media sosial ramai informasi soal turnamen Piala Wali Kota Solo yang akan digelar pada akhir Juni 2021 dengan diikuti delapan peserta yang terdiri dari empat klub Liga 1 dan empat klub Liga 2. Mereka adalah Arema FC, Bali United FC, PSG Pati, Dewa United FC, Persib Bandung, Bhayangkara Solo FC, Persis Solo, dan Rans Cilegon FC.

Dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com disebutkan jika proposal turnamen Piala Wali Kota Solo diajukan oleh Mahaka Sports sebagai promotor.

Dalam melaksanakan tugasnya Mahaka Sports juga disebut telah meminta persetujuan Pemerintah Kota Surakarta terkait penggunaan nama Wali Kota Solo sekaligus menjadikan Solo sebagai homebase penyelenggaraan turnamen.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Pemkot Surakarta kemudian menyetujui proposal pengajuan penyelenggaraan Piala Wali Kota Solo 2021. Seperti turnamen Piala Menpora lalu, ajang ini juga menjadi persiapan untuk menghadapi kompetisi sepak bola Indonesia yang rencananya akan kembali bergulir pada awal Juli mendatang.

Berkaca dari Piala Menpora 2021, turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo juga akan digelar tanpa penonton untuk mengantisipasi penularan virus corona dan menekan angka penularan Covid-19 di Indonesia. Namun, semua pertandingan rencananya juga bakal ditayangkan langsung di stasiun televisi.

[Gambas:Video CNN]



(TTF/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK