Head to Head Indonesia vs UEA: Merah Putih Kalah Tipis

CNN Indonesia | Kamis, 10/06/2021 18:12 WIB
Timnas Indonesia dan Uni Emirat Arab saling mengalahkan dalam perjumpaan terdahulu, dengan UEA unggul tipis dari lima pertemuan. Ali Mabkhout mengecoh Wawan Hendrawan dalam laga UEA vs Indonesia dua tahun lalu. (KARIM SAHIB / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia dan Uni Emirat Arab saling mengalahkan dalam perjumpaan terdahulu, dengan UEA unggul tipis dari lima pertemuan.

Indonesia vs UEA, Jumat (11/6), bakal menjadi pertemuan keenam kedua kesebelasan. Kesempatan bagi Indonesia mengejar defisit head to head atau justru UEA yang menegaskan keunggulan.

Dua dari lima pertemuan di level timnas senior dimenangkan skuad Merah Putih, namun itu terjadi di era 1980-an. Timnas Indonesia sekali mengalahkan UEA di Turnamen Piala Merdeka dengan skor 5-2 pada 1981.


Dalam turnamen yang sama setahun berselang, giliran UEA membalas kekalahan. Tim Garuda kalah 1-2.

Berselang empat tahun kemudian, tepatnya di Asian Games 1986, Indonesia vs UEA jilid ketiga berakhir imbang 2-2 dalam waktu normal. Babak adu penalti jadi penentu dan Indonesia tampil sebagai pemenang.

Berkat kemenangan tersebut Ricky Yacobi dan kawan-kawan melaju ke semifinal dan mencapai prestasi terbaik di Asian Games dengan menempati peringkat keempat.

[Gambas:Video CNN]

Sepuluh tahun kemudian, Indonesia baru kembali bertemu dengan UEA. Di fase grup putaran final Piala Asia 1996, Widodo Cahyono Putro dan kawan-kawan kalah 0-2.

Laga tersebut merupakan satu-satunya kegagalan Indonesia mencetak gol, padahal dua laga sebelumnya Timnas Indonesia mampu mencetak dua gol ke gawang Kuwait dan dua gol ke gawang Korea Selatan.

Duel Indonesia vs UEA kemudian baru terjadi lagi pada 2019 ketika kedua negara dipastikan berada satu grup dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam laga yang berlangsung dua tahun lalu, Timnas Indonesia mengalami kekalahan 0-5 sekaligus rekor terburuk dalam head to head melawan UEA.

Banner Testimoni

Head to Head Indonesia vs UEA:

2 September 1981 (Piala Merdeka): Indonesia 5-2 UEA
14 Agustus 1982 (Piala Merdeka): Indonesia 1-2 UEA
1 Oktober 1986 (Asian Games): Indonesia 2-2 (4-2) UEA
10 Desember 1996 (Piala Asia): Indonesia 0-2 UEA
10 Oktober 2019 (Kualifikasi Piala Dunia): Indonesia 0-5 UEA

(nva/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK