Naturalisasi Rampung, Persib Siap Lepas Ezra Walian ke Timnas

CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 00:38 WIB
Persib Bandung bakal melepas strikernya, Ezra Walian ke Timnas Indonesia usai proses naturalisasi dipastikan rampung. Ezra Walian (tengah) ketika membela Timnas Indonesia di SEA Games. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono menyebut siap untuk melepas strikernya, Ezra Walian ke Timnas Indonesia usai naturalisasi pemain berdarah Belanda itu dipastikan rampung.

Kepastian Ezra bisa bermain untuk Timnas Indonesia diungkapkan Sekjen PSSI Yunus Nusi setelah FIFA melalui Komite Status Pemain mengirimkan surat yang berisi putusan yang menyatakan permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama Ezra Walian telah diterima. Putusan itu sekaligus membuat Ezra berhak membela Timnas Indonesia di turnamen apapun.

"Pasti kami bersyukur apabila Ezra akhirnya bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Iya dong, panggilan Timnas harus kami penuhi," kata Teddy kepada CNNIndonesia.com, Senin (14/6).


Dijelaskan Teddy, Persib akhirnya lega dengan status resmi naturalisasi yang dimiliki Ezra saat ini. Sebab, rampungnya proses naturalisasi striker yang pernah membela Timnas Indonesia di SEA Games 2017 Malaysia lalu menjadi salah satu hal yang dinantikan.

Sejak mengambil sumpah WNI, Ezra masih belum bisa berseragam Timnas Indonesia di ajang resmi FIFA. Pada 2019, FIFA membuat keputusan terkait status Ezra yang tidak bisa tampil di Kualifikasi Piala Asia mewakili Indonesia karena status alih kewarganegaraannya di KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda) belum dicabut.

Seperti diketahui, pengajuan proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra Walian tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Meski sudah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 18 Mei 2017, Ezra diketahui masih bermasalah soal administrasi perpindahannya.

Ezra pernah membela timnas Belanda di pertandingan resmi saat masih masuk kategori kelompok usia U-15, U-16, dan U-17. Hanya saja KNVB belum mencabut kewarganegaraan Ezra kala itu sehingga statusnya menggantung.

"Benar, arahan Ketum PSSI agar proses alih status Ezra Walian jadi prioritas dan bersyukur hari ini kami terima surat dari FIFA tentang keputusan dari Komite Status Pemain mengenai status pemain pemain tersebut," ujar Yunus Nusi.

Banner Euro 2020

"Putusan tersebut menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima, dan Ezra Walian berhak memiliki kesempatan membela skuad Timnas Indonesia di turnamen apapun," imbuhnya dilansir dari situs resmi PSSI.

Dengan terselesaikannya proses administrasi alih status Ezra Walian, PSSI mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada FIFA dan pihak-pihak yang telah membantu terkait hal ini.

"Terkait proses naturalisasi pemain lainnya, kami masih menunggu rekomendasi dan road map dari pelatih Shin Tae-yong. Saat ini ia dan pemain timnas Indonesia masih menjalani karantina sesuai tiba dari Dubai, UEA pada Sabtu (12/6) kemarin," tutup Yunus Nusi.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK