Anies: Jakarta International Stadium Dibuka Desember 2021

PTR, CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 01:43 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara akan dibuka pada Desember 2021. Anies Baswedan menyebut JIS bakal dibuka pada Desember 2021. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara akan dibuka pada Desember 2021.

Hal tersebut diungkapkan Anies setelah melakukan peninjauan ke JIS bersama Direktur Utama (Dirut) Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto, Ketua Umum The Jakmania Diky Soemarno, dan Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Rabu (16/6).

"Proses pemasangan rangka atap JIS ditargetkan rampung pada 5 Juli 2021. Kemudian Desember 2021 Insya Allah akan dijadwalkan pertandingan perdana di JIS ketika seluruh pembangunannya rampung," tulis Anies di Instagram, Rabu (16/6).


Mantan Menteri Pendidikan tersebut menambahkan, proses pengerjaan stadion berjalan dengan lancar. Bahkan, Anies mengklaim, Indonesia menegaskan posisinya dalam hal kemahiran pembangunan.

"Pembangunan JIS ini bisa menjadi contoh bagi dunia internasional, bahwa bangsa Indonesia sanggup mengerjakan proyek engineering yang kompleks. Hal ini dibuktikan melalui proses topping off dengan menggunakan mesin Hidrolik Jack yang tersebar di 16 titik di kawasan JIS," tulisnya.

Foto aerial pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang memasuki tahap pemasangan rangka atap di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (16/6/2021). Pemasangan rangka atap JIS yang memiliki berat 3.900 ton dengan bentang 269 meter tersebut menggunakan sistem 'heavy lifting' yaitu proses perakitan struktur utama dan struktur ruang dilakukan di lantai dasar untuk kemudian dilakukan pengangkatan secara bersamaan dengan sekali angkat. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.Tampak atas Jakarta International Stadium (JIS). (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Anies mengatakan, proses pengangkatan rangka atap stadion JIS seberat 3.900 ton, menjadi sejarah. Pasalnya belum pernah terjadi di negara Asia lainnya, klaim Anies, pemasangan atap seperti ini.

JIS dirancang menggunakan sistem atap buka tutup (retractable roof), sehingga bisa digunakan dalam cuaca apapun. Ini seperti Stadion Sapporo Dome di Jepang yang dibangun untuk Piala Dunia 2002.

"Fasilitas ini membuat stadion bisa dimanfaatkan lebih optimal, sepanjang tahun, tanpa terganggu cuaca dan jam operasi. Inilah terobosan yang bisa dibilang pertama di Indonesia, stadion dengan atap yang bisa dibuka tutup," tulis Anies.

Dijelaskan Anies, proses topping off rangka atap JIS sangat kompleks, membutuhkan kompetensi, presisi yang tinggi, serta persiapan yang luar biasa. Rangka atap ini memiliki berat 3.900 ton, panjang 270 meter, dan diangkat hingga ketinggian 70 meter.

Banner Euro 2020

"Ada kerja bersama ribuan orang yang terlibat dalam pembangunan JIS. Kita bersyukur dan berharap ini bisa tuntas. Kita semua boleh bangga pada para insinyur kita yang menyiapkan program dan proyek ini dengan amat baik," ucap Anies.

"Begitu pula dengan para pekerja di lapangan yang bekerja siang malam, untuk memastikan pembangunan JIS berlangsung tepat waktu, tepat dana, dan tepat kualitasnya," ujar Anies menambahkan.

[Gambas:Video CNN]



(abd/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK