Courtois: Belgia Wajib Juara Grup B Euro Lawan Finlandia

CNN Indonesia | Minggu, 20/06/2021 23:01 WIB
Thibaut Courtois mengatakan timnya wajib menjadi pemuncak klasemen Grup B Euro 2020 (Euro 2021) dengan mengalahkan Finlandia. Thibat Courtois mengatakan Belgia wajib menang lawan Finlandia di Euro 2020. (AP/Francisco Seco)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kiper timnas Belgia Thibaut Courtois mengatakan timnya wajib menjadi pemuncak klasemen Grup B Euro 2020 (Euro 2021) dengan mengalahkan Finlandia demi mendapat lawan yang lebih mudah di babak 16 besar.

Si Setan Merah, julukan Belgia, akan melawan Finlandia pada pertandingan terakhir Grup B di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Selasa (22/6) dini hari WIB.

Belgia sudah memastikan satu tiket ke babak 16 besar Euro 2020. Namun, Courtois mengatakan Belgia harus memastikan posisi juara Grup B.


"Menjuarai grup adalah sesuatu yang prestisius, jadi posisi itu sesuatu yang pasti kami kejar. Tentu fase berikutnya mungkin lebih mudah jika Anda juara grup, tetapi dalam sepak bola selalu ada kejutan," kata Courtois dikutip dari situs resmi UEFA.

Belgia hanya butuh hasil imbang melawan Finlandia di laga terakhir untuk memastikan posisi juara Grup B Euro 2020. Namun, Courtois sadar kalkulasi juara grup akan melawan tim lebih lemah di babak selanjutnya tak sepenuhnya benar. Pasalnya, sudah jamak terjadi pada fase knock-out Piala Eropa tim juara grup malah bisa ditumbangkan tim runner-up.

Sebagai contoh kiper 29 tahun ini mengisahkan perjuangan Belgia di Piala Dunia 2018, saat berhadapan dengan Jepang pada babak 16 besar dan melawan Brasil di perempat final. Ketika itu Belgia lebih kesulitan melawan Jepang daripada meraih kemenangan atas Brasil.

Banner Euro 2020

"Di Piala Dunia [2018] kami sepertinya memiliki posisi yang lebih sulit saat melawan Jepang daripada melawan Brasil. Anda tidak dapat mencoba menghitung hal-hal seperti ini, Anda hanya harus selalu bermain untuk menang," ucap Courtois.

Romelu Lukaku dan kawan-kawan memuncaki klasemen Grup B dengan poin sempurna 6 usai mengalahkan Rusia dan Denmark. Meski sudah pasti lolos ke babak selanjutnya, posisi Belgia di puncak klasemen bisa digusur Finlandia jika kalah di laga terakhir.

Pelatih Finlandia Markku Kanerva mengingatkan tim asuhnya bahwa Belgia tak main-main dalam laga pemungkas grup. Jika lengah bukan tak mungkin mereka jadi bulan-bulanan Belgia dan peluang ke babak selanjutnya tertutup.

"Kami menciptakan lebih banyak peluang saat melawan Rusia, tetapi umpan terakhir belum ideal. Kami perlu meningkatkan itu. Para pemain dalam semangat yang baik dan kami akan melakukan segalanya untuk mendapat poin dari pertandingan terakhir grup," ucap Kanerva.

[Gambas:Video CNN]

(abd/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK