SUGBK dan Stadion PTIK Bisa Dipakai Liga 1 2021

CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 13:26 WIB
PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan stadion yang ada di DKI Jakarta bisa menggelar pertandingan seri pertama Liga 1 2021/2022. Ilustrasi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno memastikan stadion yang ada di DKI Jakarta bisa menggelar pertandingan seri pertama Liga 1 2021/2022.

LIB telah menyiapkan sembilan venue yang berada di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat untuk menggelar pertandingan di seri pertama Liga 1 2021. Kesembilan stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Madya, PTIK, Pakansari, GBLA, Si Jalak Harupat, Patriot, Wibawa Mukti, dan Indomilk Arena.

Hanya saja menurut Sudjarno tidak semua akan menggelar pertandingan. Semua disesuaikan dengan perkembangan situasi, kondisi dan kebutuhan.


"GBK dan Madya tetap akan kita gunakan. Tapi ada konteks pertimbangannya. Misalnya, Persija tidak akan kami mainkan di GBK, Madya dan Patriot di kluster seri pertama. Tapi tim lain bisa memungkinkan main di stadion itu."

"Begitu juga misalnya Persib Bandung. Tidak mungkin kami mainkan di GBLA atau Si Jalak Harupat atau stadion lain di Jawa Barat yang pernah jadi homebase mereka. Intinya, klub yang di dalam kluster tidak bisa main di homebase-nya. Begitu juga klub lain," jelas Sudjarno kepada CNNIndonesia.com, Senin (21/6).

Tak hanya itu, beberapa arena lain yang masuk di sembilan stadion di seri pertama Liga 1 juga masih belum dapat dipastikan penggunaannya. Sebut saja Stadion Patriot yang saat ini dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Foto udara Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/10/2019). Stadion Patriot Candrabhaga menjadi salah satu dari 10 stadion yang diajukan PSSI pada FIFA sebagai venue pada ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.Ilustrasi Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Atau GBLA yang saat ini dialihfungsikan sementara untuk menjadi tempat vaksinasi Covid-19.

"Kami akan lihat perkembangannya seperti apa. Sebelumnya kami pasti akan menyurat, membuat permohonan ke pengelola stadion untuk bisa kami gunakan. Nanti lihat pertimbangan dari pengelola bagaimana," ujar Sudjarno.

"Kalau tidak bisa kami gunakan, kami tidak bisa memaksa. Kami akan cari alternatif. Cukup banyak alternatif. Stadion Madya, GBK, PTIK bisa jadi pertimbangan," imbuhnya.

Banner Euro 2020

Saat ini, LIB disebut Sudjarno tengah melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk membuat surat permohonan penggunaan stadion. Rencananya, minggu ini surat tersebut akan segera didistribusikan supaya kepastian penggunaan stadion bisa lebih jelas.

"Di Jakarta ada 9 venue, tapi tidak semua akan kami pakai. Ada permohonan sesuai jadwal yang kami akan berikan ke pengelola. Permohonan ke pengelola sedang kami lengkapi dokumennya. Minggu ini kami kirim. Kami mau cepat juga biar jelas," tutup Sudjarno.

[Gambas:Video CNN]

(ttf/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK