3 Syarat Belgia Jadi Juara Grup B Euro 2020

CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 14:59 WIB
Timnas Belgia tetap bisa menjadi juara Grup B Euro 2020 (Euro 2021) meski kalah dari Finlandia pada pertandingan terakhir Grup B. Timnas Belgia akan melawan Finlandia pada laga terakhir Grup B Euro 2020. (Pool via REUTERS/DMITRI LOVETSKY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Belgia tetap bisa menjadi juara Grup B Euro 2020 (Euro 2021) meski kalah dari Finlandia pada pertandingan terakhir Grup B di Saint Petersburg, Rusia, Selasa (22/6) dini hari WIB.

Belgia masih memuncaki klasemen Grup B memasuki laga terakhir dengan 6 poin. Rusia berada di posisi kedua dengan 3 poin, Finlandia di posisi ketiga dengan 3 poin, disusul Denmark dengan 0 poin.

Belgia, yang merupakan salah satu unggulan juara di Euro 2020, sudah memastikan langkah ke 16 besar. Namun, tim asuhan Roberto Martinez harus memastikan posisi juara Grup B untuk bisa mendapatkan lawan yang lebih lemah di babak 16 besar.


Namun, Belgia tetap mampu lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) sebagai juara Grup B meski kalah dari Finlandia pada laga dini hari nanti.

[Gambas:Instagram]

Dikutip dari situs resmi UEFA, berikut syarat Belgia menjadi juara Grup G Euro 2020 saat melawan Finlandia.

1. Menang

Jika menang atas Finlandia maka Belgia akan mengumpulkan 9 poin dan tidak mungkin dikejar di puncak klasemen Grup B.

2. Imbang

Banner Euro 2020

Hasil imbang melawan Finlandia juga cukup bagi Belgia untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai juara Grup. Pasalnya, torehan 7 poin Belgia tidak akan mampu dikejar Rusia jika mampu menang atas Denmark pada pertandingan lainnya.

3. Kalah

Jika Belgia kalah dari Finlandia dan Rusia mengalahkan Denmark, maka Belgia, Finlandia, dan Rusia akan sama-sama mengoleksi 6 poin. Namun, Belgia tetap mampu menjadi juara Grup B.

Belgia akan tetap menjadi juara Grup B jika kalah maksimal selisih 2 gol dari Finlandia dan Rusia menang atas Denmark. Dengan demikian klasemen akhir Grup B adalah: 1. Belgia, 2. Finlandia, 3. Rusia karena Belgia masih unggul produktivitas gol atas Finlandia dan Rusia.

Belgia akan kehilangan posisi juara Grup B jika kalah dari Finlandia dengan minimal tiga gol. Hal itu dikarenakan Belgia akan kalah produktivitas gol dari Finlandia.

[Gambas:Video CNN]

(har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK