Lewandowski, Pemain Terbaik Dunia yang Jeblok di Euro 2020

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 10:59 WIB
Striker Robert Lewandowski gagal membawa prestasi di level klub bersama timnas Polandia di Euro 2020 (Euro 2021). Robert Lewandowski gagal bersinar di Euro 2020. (Pool via REUTERS/MAXIM SHEMETOV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyerang Robert Lewandowski datang ke Euro 2020 (Euro 2021) dengan beragam prestasi, salah satunya Pemain Terbaik Dunia atau Best FIFA 2020.

Yang terbaru selain membawa Bayern Munchen juara Liga Jerman 2020/2021, Lewandowski juga menyandang top skor di Eropa dengan torehan 41 gol di Bundesliga.

Akan tetapi prestasi mentereng Lewandowski tidak berlaku di Euro 2020. Pemain 32 tahun itu gagal bersaing di daftar top skor Euro 2020.


Kegagalan Lewandowski menjadi top skor bukan karena kualitas pemain kelahiran Warsawa itu, melainkan minimnya dukungan dari rekan satu timnya di Polandia.

Kondisi tersebut berbeda dengan di Munchen, di mana Lewandowski dimanjakan dengan umpan-umpan matang dari Thomas Muller, Kingsley Coman, Joshua Kimmich, atau Leroy Sane.

Tidak hanya itu, mantan penyerang Borussia Dortmund tersebut juga tak mampu membawa Polandia melangkah lebih jauh di Euro 2020 usai menjadi juru kunci di Grup E. Pada pertandingan terakhir di babak grup, Polandia kalah 2-3 dari Swedia.

Dikutip dari Marca, performa Lewandowski dalam tiga pertandingan di babak grup tidak seluruhnya mengecewakan.

Sweden players celebrate their 3-2 win at the end of the Euro 2020 soccer championship group D match between Sweden and Poland, at the St. Petersburg stadium in St. Petersburg, Russia, Wednesday, June 23, 2021. (AP Photo/Anatoly Maltsev, Pool)Polandia kalah 2-3 dari Swedia. (AP/Anatoly Maltsev)

Setelah dikritik habis-habisan lantaran tidak memiliki tembakan on target melawan Slovakia di laga pertama, Lewandowski meresponsnya dengan apik lewat gol ke gawang Spanyol pada laga kedua.

Pada pertandingan penentuan Swedia vs Polandia, Lewandowski mengemas dua gol pada menit ke-61 dan 84'.

Akan tetapi Lewandowski juga menyia-nyiakan satu kesempatan gol Polandia. Momen itu terjadi ketika Polandia tertinggal 0-1.

Banner Euro 2020

Lewandowski kemudian mendapatkan peluang emas dari sepak pojok. Akan tetapi, sundulannya yang sudah di depan gawang justru membentur mistar.

Meski demikian melihat cara Lewandowski bereaksi usai dikritik, menjadi pengingat betapa hebatnya pemain yang pernah berkostum Legia Warsawa itu.

Secara keseluruhan statistik permainan Lewandowski di Euro 2020 tidak buruk. Lewandowski mampu mencetak 3 gol hanya dalam 4 shot on target yang dilakukannya. Satu gol sundulan, satu gol kaki kanan, satu gol kaki kiri membuktikan ketajaman Lewandowski.

[Gambas:Video CNN]

(sry/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK