Ronaldo Pakai Nama Ronaldinho di Olimpiade 1996

CNN Indonesia | Selasa, 20/07/2021 04:12 WIB
Ronaldo Luis Nazario de Lima ternyata dikenal dengan nama Ronaldinho saat tampil di Olimpiade 1996 di Amerika Serikat. Ronaldo memakai nama punggung Ronaldinho di Olimpiade 1996. (AFP PHOTO / RABIH MOGHRABI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ronaldo Luis Nazario de Lima ternyata dikenal dengan nama Ronaldinho saat tampil di Olimpiade 1996 di Amerika Serikat.

Ronaldo yang saat itu masih berusia 19 tahun adalah salah satu bintang muda yang tampil di kejuaraan tersebut. Tetapi, anehnya Ronaldo tidak bermain dengan memakai nama aslinya sendiri.

Saat itu, Ronaldo justru menggunakan nama punggung bertuliskan Ronaldinho. Ronaldinho sendiri berarti Ronaldo kecil dalam bahasa Portugis.


Alasan lainnya, dia menggunakan nama tersebut karena nama Ronaldo telah lebih dulu dipakai oleh rekan setimnya di Piala Dunia 1994 yaitu oleh Ronaldo Rodrigues de Jesus.

Karena itu pula saat Ronaldinho yang asli masuk ke timnas Brasil dia lebih memilih memperkenalkan dirinya sebagai Ronaldinho Gaucho.

Ronaldinho (C) of Brazil is held by US players during their match 28 July 1999 in Guadalajara.Ronaldinho(C), goleador de la seleccion brasilera, es detenido por jugadores de la seleccion de Estados Unidos en la fase final del partido jugado entre ambas selecciones en Guadalajara, Mexico, 28 de julio de 1999, por la Copa FIFA Confederaciones. Brasil gano 2-0.    (ELECTRONIC IMAGE)    AFP PHOTO/JORGE SILVA / AFP PHOTO / JORGE SILVARonaldinho di awal kemunculannya lebih memperkenalkan diri sebagai RonaldinhoGaucho. (AFP PHOTO / JORGE SILVA)

Saat tampil di Olimpiade 1996, Ronaldo berhasil menunjukkan penampilan yang gemilang dengan mencetak lima gol atau hanya kalah produktif dari Bebeto (Brasil) dan Hernan Crespo (Argentina) yang mencetak enam gol.

Namun, Ronaldo gagal membawa Brasil merebut medali emas dan hanya mampu meraih medali perunggu. Sementara, medali emas berhasil direbut Nigeria dan medali perak diraih Argentina.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Olimpiade 1996 dikenal sebagai Olimpiade yang bertabur bintang. Itu lantaran kejuaraan ini diramaikan dengan hadirnya bintang-bintang sepak bola kelas dunia. Seperti Brasil yang diperkuat Rivaldo, Bebeto, Juninho, Roberto Carlos, dan Dida.

Lalu, Argentina diperkuat Diego Simeone, Roberto Ayala, Javier Zanetti, dan Hernan Crespo. Kemudian, Italia diperkuat Alessandro Nesta, Fabio Cannavaro, dan Gianluigi Buffon.

[Gambas:Video CNN]

(rhr/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK