Kento Momota Tersingkir dari Olimpiade Tokyo

CNN Indonesia | Rabu, 28/07/2021 20:28 WIB
Kento Momota yang merupakan unggulan pertama sekaligus andalan tuan rumah Jepang di tunggal putra badminton tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020. Kento Momota tersingkir dari Olimpiade Tokyo. (AP/Markus Schreiber)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kento Momota yang merupakan unggulan pertama sekaligus andalan tuan rumah Jepang di tunggal putra badminton tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020.

Pada pertandingan terakhir di Grup A, Momota kalah dari atlet badminton Korea Selatan Heo Kwang Heee 15-21, 19-21 di Musashino Forest Sport Plaza, Rabu (28/7).

Hasil negatif itu membuat Kento Momota yang merupakan pemain berperingkat satu dunia menelan satu kekalahan dari dua pertandingan dan mengoleksi satu poin.


Hasrat Kento Momota meraih medali Olimpiade pun kandas. Kekalahan Momota di babak gugur ini merupakan kejutan di Olimpiade Tokyo.

Dengan meraih satu poin Momota hanya menempati peringkat kedua klasemen Grup A, kalah dari Heo Kwang Hee yang meraih dua poin usai dua kali menang sekaligus menjadi pemuncak klasemen.

Tokyo 2020 Olympics - Badminton - Men's Singles - Group Stage - MFS - Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Japan – July 28, 2021. Ng Ka Long of Hong Kong in action during the match against Kevin Cordon of Guatemala. REUTERS/Leonhard FoegerNg Ka Long juga tersingkir dari Olimpiade Tokyo. (REUTERS/LEONHARD FOEGER)

Pada Grup A Olimpiade Tokyo, Momota mengawali pertarungan dengan apik usai menang meyakinkan 21-12, 21-9 atas Timothy Lam dari Amerika Serikat.

Akan tetapi pada pertandingan kedua perlawanan berat diberikan Heo Kwang Hee dari Korea Selatan. Bahkan Heo Kwang Hee tidak memberikan kesempatan bagi Momota memenangi set.

Di Olimpiade Tokyo ini hanya juara grup yang berhak lolos ke babak perempat final. Di perempat final, Heo Hwang Hee hanya tinggal menunggu pemenang Kevin Cordon dari Guatemala vs Mark Caljouw dari Belanda. Keduanya merupakan non-unggulan di Olimpiade Tokyo.

[Gambas:Video CNN]

Momota bukan satu-satunya unggulan yang tersingkir dari Olimpiade. Pebulutangkis Hongkong Ng Ka Long (unggulan 8) juga gagal ke babak gugur setelah meraih satu poin dan menempati peringkat kedua Grup B.

Langkah B Sai Praneeth dari India yang merupakan unggulan ke-13 juga terhenti di fase grup. Bahkan Praneeth gagal menang dari atlet non-unggulan seperti Caljouw dan Misha Zilberman dari Israel.



(sry/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK