Ketua PSSI: Shin Tae Yong Jangan Main-main dengan Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 29/07/2021 06:26 WIB
Ketua PSSI Mochamad Iriawan mengingatkan Shin Tae Yong agar tak main-main dengan Indonesia menyusul kabar dirinya jadi komentator Olimpiade. Ketum PSSI Mochamad Iriawan memperingatkan Shin Tae Yong. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengingatkan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong agar tak main-main dengan Indonesia menyusul kabar menjadi komentator sepak bola Olimpiade Tokyo 2020.

Ini diungkapkan Iriawan menanggapi kabar yang beredar bahwa pelatih asal Korea Selatan itu akan menjadi analis di salah satu stasiun televisi.

Menurut Iriawan, Shin akan melanggar kontrak jika menjadi komentator sepak bola di televisi.


"Itu [Shin jadi komentator] kesalahan informasi. Shin bilang ke saya dia tidak menjadi komentator. Dalam kontraknya tidak bisa pelatih timnas jadi komentator pertandingan sepak bola. Buat apa? Itu menyalahi kontrak. Kami tidak akan izinkan," kata Iriawan kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (28/7).

"Saya ingatkan Shin itu tidak boleh. Jangan main-main dengan masyarakat Indonesia, dengan saya, dengan PSSI. Saya sikat kalau sampai dia menjadi komentator sepak bola. Tidak boleh pelatih timnas main-main dengan Indonesia," ujarnya menambahkan.

Iriawan menjelaskan, pelatih berusia 50 tahun itu dijadwalkan kembali ke Indonesia pada pekan kedua Agustus. Dengan kata lain Shin baru akan mendampingi Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan pada pekan ketiga Agustus.

Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong (kiri) memberikan instruksi pada Timnas U-22 saat latihan perdana di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021). Latihan perdana Timnas U-22 diikuti 31 pemain yang dipersiapkan untuk ajang SEA Games 2021 di Vietnam. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.Shin Tae Yong dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 9 Agustus mendatang. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Saat ini Shin sedang menjalani perawatan penyakit yang diderita sambil menunggu waktu penyuntikan vaksin dosis kedua di Korea Selatan. Sebelumnya PSSI mengabarkan bahwa Shin akan kembali ke Indonesia pada 5 Agustus, tetapi mundur lagi menjadi 9 Agustus.

"Shin itu kan sedang dalam perawatan sakit. Ternyata dia banyak penyakitnya, yang itu kami baru tahu. Kalau kapan dia kembali kami inginnya segera bergabung ke pemusatan latihan Timnas [rencananya pada 1 Agustus 2021]," ucap Iriawan.

"Informasi yang kami terima dari Shin, ia akan suntik vaksin dosis kedua dulu baru kembali. Ya, informasinya 9 Agustus kembali. Semoga itu bisa berjalan lancar sehingga TC play-off Piala Asia 2023 bisa berjalan optimal."

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Mengenai persoalan komentator dan kepulangan ke Indonesia, Shin pun telah memberikan keterangan. Ia membantah jadi komentator sepak bola Olimpiade dan dia menyatakan akan terbang ke Indonesia pada 9 Agustus 2021, setelah disuntik vaksin Covid-19.

"Salah bahwa saya akan menjadi komentator. Saya hanya menulis ulasan. Saya menjelaskan hal ini ke PSSI dan meminta pengertian. Setelah menerima dosis kedua vaksin [Covid-19] saya akan berangkat ke Indonesia pada 9 Agustus," kata Shin, dilansir dari Hankook Ilbo.

[Gambas:Video CNN]

(abd/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK