Menpora Tegaskan Dukungan Penuh bagi Atlet di Olimpiade Tokyo

Kemenpora, CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 11:05 WIB
Menpora Zainudin Amali memastikan pemerintah mendukung penuh perjuangan para atlet dan tim yang tengah berlaga pada Olimpiade 2021 di Tokyo, Jepang. Menpora Zainudin Amali memastikan pemerintah mendukung penuh perjuangan para atlet dan tim yang tengah berlaga pada Olimpiade 2021 di Tokyo, Jepang. (Foto: Arsip Kemenpora)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan pemerintah dipastikan mendukung para atlet dan tim yang tengah berjuang pada Olimpiade 2021 di Tokyo, Jepang, yang antara lain diberikan sejak di Pusat Pelatihan Nasional (Pelatnas).

"Sejak awal dukungan pemerintah itu penuh, sejak mereka masuk di Pelatnas. Pelatnas itu kan butuh biaya, baik untuk biaya latihan, kemudian untuk sehari-hari mereka, untuk gizi dan lain sebagainya," kata Amali dalam acara Fokus Olimpiade yang diadakan salah satu jaringan televisi nasional pada Senin (26/7).

Pemerintah juga turun tangan memfasilitasi para atlet melakukan latih tanding, baik di negara yang dekat maupun jauh. Menurut Amali, seluruh fasilitas itu dibiayai oleh pemerintah, termasuk keberangkatan kontingen Indonesia ke Jepang kali ini.


Amali menambahkan, pemerintah akan selalu memberi dukungan, juga ketika para atlet dan tim pulang usai berkompetisi. Dukungan yang dimaksudkan kali ini adalah pemberian bonus sebagai bentuk apresiasi.

"Jangankan Olimpiade, multi event setingkat SEA Games saja kita ada apresiasinya, apalagi ini yang paling tinggi. Jadi pasti kita akan berikan apresiasi, penghargaan, bahkan biasanya ada penghargaan dari negara dari Bapak Presiden langsung," papar Amali.

Tak hanya pemerintah, Amali menyebut ada sejumlah kalangan yang menyatakan ingin memberi apresiasi kepada atlet secara mandiri. Meski tak bisa menyebutkan nama, Amali menegaskan apresiasi itu menjadi wujud terima kasih dan kebanggaan terhadap perjuangan para atlet dengan membawa nama Indonesia.

Selanjutnya, Amali berpesan kepada para atlet yangsedang mengikuti Olimpiade 2021 agar tak surut semangat dan menjaga kesehatan. Dia berharap, para atlet dapat meraih prestasi dan memperbaiki ranking Olimpiade dari posisi ke-46 pada gelaran Olimpiade 2016 lalu.

"Tetap semangat, jaga kesehatan dan ingat pesan saya pada saat mengukuhkan Anda semua bahwa Anda bertanding bukan untuk diri sendiri, tetapi Anda bertanding atas nama lebih dari 267 rakyat Indonesia. Oleh karena itu, sayaminta berikan yang terbaik, bertanding secara maksimal dan all out di lapangan. Jangan memikirkan apapun, fokus dan konsentrasi untuk pertandingan," kata Amali.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK