Skateboard Olimpiade Jadi Ajang Aksi Atlet 12 Hingga 46 Tahun

CNN Indonesia | Rabu, 04/08/2021 17:20 WIB
Skateboard sudah sah menjadi cabang olahraga baru di Olimpiade dan menjadi ajang unjuk gigi atlet bocah belasan tahun hingga paruh baya. Skateboard menjadi pertemuan atlet dari beragam umur. (REUTERS/MIKE BLAKE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Skateboard baru dipertandingkan pada Olimpiade Tokyo 2020 dan menjadi ajang unjuk gigi atlet bocah belasan tahun hingga paruh baya.

Momiji Nishiya, yang baru berusia 13, naik daun setelah menjadi peraih medali emas di cabang olahraga skateboard nomor women's street di Olimpiade Tokyo.

Pesaing Nishiya di putaran final juga masih tergolong belia. Rayssa Leal yang meraih perak sepantar dengan Nishiya. Sedangkan peraih perunggu, Funa Nakayama berusia 16.


Sementara Kokona Hiraki yang meraih perak di nomor women's park lebih muda setahun dibandingkan Nishiya. Hiraki pun tercatat sebagai peraih medali Olimpiade termuda dalam 85 tahun terakhir.

Olahraga dengan alat papan beroda ini kerap menampilkan atlet-atlet belia. Namun seperti cabang olahraga pada umumnya, terdapat pula atlet-atlet skateboard dalam usia yang tergolong 'wajar' atau di kisaran 20 hingga 30 tahunan.

Ada pula skater-skater yang berusia lanjut turut tampil di Olimpiade Tokyo. Dikutip dari CNN, atlet Rune Glifberg asal Denmark sudah mencapai 46 tahun turut bersaing di nomor men's street. 

Selain itu ada pula Dallas Oberholzer yang lebih muda hitungan bulan dibanding Glifberg.

Varian usia yang beragam dari atlet skateboard mewarnai pesta olahraga terbesar, kendati atlet-atlet termuda dan tertua bukan berasal dari cabang olahraga ini.

Di Olimpiade Tokyo 2020 catatan rekor atlet termuda masih menjadi milik Hend Zaza yang merupakan atlet tenis meja Suriah berusia 12.

Sementara atlet tertua di Olimpiade kali ini adalah atlet berkuda Mary Hanna yang berusia 66.

Untuk pemegang rekor atlet termuda di Olimpiade hingga saat ini masih diyakini menjadi milik atlet asal Prancis yang tidak diketahui namanya. Menurut Komite Olimpiade Internasional bocah laki-laki tersebut terlihat dalam sebuah foto pemberian medali di Olimpiade 1900 dan diperkirakan memiliki usia 7 hingga 12.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Sedangkan Oscar Swahn masih tercatat sebagai yang tertua di Olimpiade ketika menjadi atlet menembak mewakili Swedia pada 1920 di usia 72.

Tidak ada batasan umur untuk ikut serta di Olimpiade, namun beberapa federasi olahraga internasional memiliki batasan masing-masing.



(nva/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK