Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditutup

ptr | CNN Indonesia
Minggu, 08 Agu 2021 21:00 WIB
Gelaran Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung sejak 23 Juli resmi ditutup pada Minggu (8/8). Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditutup. (AP/Kiichiro Sato)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gelaran Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditutup pada Minggu (8/8). Api Olimpiade yang telah dipadamkan jadi pertanda berakhirnya gelaran Olimpiade yang berlangsung sejak 23 Juli 2021.

Olimpiade Tokyo akhirnya benar-benar bisa berlangsung setelah sempat mengalami pro-kontra selama satu tahun terakhir.

Olimpiade Tokyo awalnya berlangsung pada 2020 namun ditunda setahun lantaran pandemi covid-19. Lantaran situasi tak jua membaik, gelaran Olimpiade Tokyo 2020 di tahun ini juga mendapat banyak protes.

Namun pada akhirnya, dengan segala macam pembatasan ketat termasuk laga tanpa penonton, Olimpiade Tokyo bisa terlaksana hingga akhir.

Presiden IOC Thomas Bach menyebut penyelenggaraan Olimpiade ini sebagai simbol harapan di tengah pandemi yang melanda.

Athletes of the United States pose during the closing ceremony in the Olympic Stadium at the 2020 Summer Olympics, Sunday, Aug. 8, 2021, in Tokyo, Japan. (Dan Mullen/Pool Photo via AP))Sejumlah atlet Amerika Serikat hadir di penutupan Olimpiade Tokyo 2020. (AP/Dan Mullen)

"Tidak ada satu pun yang pernah bisa menggelar Olimpiade yang pernah tertunda sebelumnya," ucap Presiden IOC Thomas Bach seraya berterima kasih pada publik Jepang.

Seperti yang sudah menjadi tradisi, medali untuk maraton jadi bagian dari penutupan. Di Olimpiade Tokyo, pemenang medali emas untuk maraton putra dan putri berasal dari Kenya yaitu Eliud Kipchoge dan Peres Jepchirchir.

Indonesia mengakhiri Olimpiade Tokyo 2020 dengan duduk di posisi ke-55. Indonesia mengumpulkan 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu di Olimpiade Tokyo.

Emas dipersembahkan oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu sedangkan perak diberikan oleh Eko Yuli Irawan. Tiga perunggu untuk Indonesia diraih oleh Windy Cantika Aisah, Rahmat Erwin, dan Anthony Ginting.

Tiga tahun mendatang, Olimpiade akan digelar di Paris, Prancis.

Setelah ini, Tokyo bakal menggelar Paralimpiade. Paralimpiade bakal berlangsung dari 24 Agustus hingga 5 September.

Indonesia mengirimkan 23 atlet untuk berlaga di ajang tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER