Legenda Barcelona Dukung Xavi Ganti Koeman

CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 23:21 WIB
Legenda Barcelona, Andres Iniesta, menilai Xavi layak mendapat kepercayaan menjadi pelatih Blaugrana. Xavi pernah sukses menjadi pemain saat membela Barcelona. (AFP/PHILIP FONG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Legenda Barcelona yang juga merupakan mantan rekan setim Lionel Messi, Andres Iniesta, menilai Xavi layak mendapat kepercayaan menjadi pelatih Blaugrana.

Iniesta menganggap Xavi, yang merupakan mantan tandemnya di lini tengah klub asal Catalunya itu, sebagai sosok yang tepat untuk menangani Barcelona baik untuk saat ini jika Ronald Koeman tiba-tiba didepak atau kapanpun.

"Saya pikir begitu. Jika Anda bertanya pada saya apakah saya membayangkan Xavi di pinggir lapangan. Ini karena dia sudah menjalani persiapan dan dilatih untuk menangani Barca. Dia punya kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan itu," kata Iniesta dikutip dari Sport.


Xavi saat ini masih menjalani tugas sebagai pelatih klub asal Qatar, Al Sadd, setelah mendapat kepercayaan sejak 2019.

Koeman mendapat sorotan setelah Barcelona gagal menang untuk kali kedua dari empat laga awal musim ini. Barcelona yang pernah menjadi penguasa La Liga Spanyol harus berjuang hingga menit akhir untuk meraih hasil imbang saat melawan Granada, Selasa (21/9) dini hari waktu Indonesia.

Pelatih asal Belanda itu juga dikritik karena menempatkan bek veteran, Gerard Pique, sebagai penyerang dalam laga menjamu Granada di Camp Nou.

Mengenai posisi Koeman, Iniesta menyatakan situasi saat ini sedang rumit dan sosok pelatih akan selalu dibayang-bayangi masalah.

"Saat dia masuk, ada di dalam situasi yang tidak mudah, begitu pula sekarang. Semua butuh waktu. Semoga dia beruntung dan tim menemukan kecocokan, itu akan terjadi," ucap Iniesta.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Koeman menjadi pelatih Barcelona pada musim lalu menggantikan Quique Setien. Mantan pemain Belanda yang pernah berkostum Barcelona di era 90-an itu menghadirkan gelar Copa del Rey pada musim lalu.

Terlepas dari keberhasilan menyudahi puasa gelar Barcelona, performa Pique dan kawan-kawan belum meyakinkan sehingga Koeman yang memiliki kontrak hingga 2022 sudah ditekan suporter untuk meninggalkan jabatannya.

(nva/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK