Oleksandr Usyk, Juara Dunia Tinju Baru yang Masih Sempurna

PTR | CNN Indonesia
Minggu, 26 Sep 2021 09:38 WIB
Oleksandr Usyk merebut gelar juara dunia kelas berat usai menaklukkan Anthony Joshua. Ia masih punya rekor sempurna di karier profesionalnya. Oleksandr Usyk jadi juara dunia baru di kelas berat. (Reuters/ANDREW COULDRIDGE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Oleksandr Usyk berhasil mengalahkan Anthony Joshua dan merebut gelar kelas berat WBA, IBF, WBO, dan IBO. Ia juga merusak duel impian antara petinju Inggris, Joshua vs Tyson Fury.

Nama Usyk tercatat sebagai juara dunia tinju kelas berat yang baru usai mencatatkan kemenangan angka mutlak atas Joshua. Usyk unggul 117-112, 116-112, 115-113 dalam penilaian juri selama duel 12 ronde.

Kemenangan Usyk membuat rusak duel impian Inggris yaitu Joshua vs Tyson Fury. Joshua dan Tyson Fury sudah jadi duel impian sejak setahun lalu seiring keberhasilan kedua petinju Inggris tersebut menguasai seluruh gelar di kelas berat.


Namun alotnya negosiasi membuat Fury harus rematch lawan Deontay Wilder dan Joshua bertemu Usyk dalam duel wajib mempertahankan gelar juara. Usyk mencuri kesempatan ini dengan sangat baik dan mengakhiri laga dengan status sebagai juara dunia baru.

Sebagai petinju, Usyk belum pernah merasakan kekalahan dalam karier profesionalnya. Kemenangan atas Joshua membuat Usyk kini mengantongi 19 laga tak terkalahkan.

Kemenangan atas Joshua pun membuat Usyk melesat ke puncak popularitas petinju kelas berat. Namanya kini bakal jadi magnet baru di kelas bergengsi tersebut.

"Duel berlangsung persis seperti yang saya harapkan terjadi. Ada momen ketika Anthony mendesak saya namun tidak ada yang spesial."

"Saya tak punya niat untuk membuatnya KO karena sudut ring saya meminta saya untuk tidak melakukan itu. Pada awalnya, saya memukulnya dan berusaha membuatnya terjungkal namun pelatih berkata 'berhenti dan lakukan tugasmu'," ucap Usyk seusai pertarungan.

Pilihan untuk tetap berhati-hati itu yang akhirnya mengantar Usyk jadi juara dunia tinju baru, Usyk sukses meraih mahkota tersebut di London, kota yang punya kenangan manis untuknya.

Sembilan tahun lalu, Usyk juga meraih mahkota tertinggi dalam kariernya sebagai petinju amatir. Usyk meraih medali emas kelas berat setelah mengalahkan Clemente Russo dari Italia di partai final.

Kini di kota yang sama, Usyk meraih mahkota tertinggi dalam kariernya sebagai petinju profesional.

Banner Testimoni

Sebelum bermimpi lebih jauh untuk bisa menjadi juara dunia kelas berat sejati, Usyk sepertinya harus lebih dulu menghadapi duel rematch lawan Joshua dalam beberapa bulan ke depan.

Bila kembali menang lawan Joshua, Usyk akan punya kesempatan untuk maju terdepan dalam persiapan duel melawan pemenang Tyson Fury vs Deontay Wilder nantinya.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER