Kronologi Kontroversi Pemain Persija di Muaythai PON Papua

CNN Indonesia
Rabu, 06 Okt 2021 06:16 WIB
Pemain Persija Jakarta, Muhammad Uchida Sudirman, meraih medali cabang olahraga muaythai di PON Papua 2020 walau sempat dihiasi kontroversi. Muhammad Uchida (kanan) saat bertarung dengan Devan Putra Ananta. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemain Persija Jakarta, Muhammad Uchida Sudirman, meraih medali cabang olahraga muaythai di PON Papua 2020 walau sempat dihiasi kontroversi.

Pada babak semifinal, Uchida yang membela DKI Jakarta, berhadapan dengan atlet Kalimantan Timur, Devan Putra Ananta, di GOR STT Gidi, Kabupaten Jayapura pada Kamis (30/9).

Dari video yang diterima CNNIndonesia.com, Uchida terkena beberapa pukulan pada ronde pertama hingga sempoyongan. Bahkan, peraih medali perunggu SEA Games 2019 itu terjatuh tiga kali.

Dalam situasi tertekan itu handuk merah di lempar ke dalam arena dari sudut DKI Jakarta. Pertandingan semifinal putra kelas tarung 73 kilogram ini pun disudahi dengan status TKO.

Namun, beberapa saat kemudian, ada instruksi dari sejumlah pihak, laga harus dilanjutkan kembali untuk ronde kedua dan ketiga.

Wasit mengangkat tangan atlet Muaythai putra Kalimantan Timur Devan Vebra Ananta (kiri) seusai mengalahkan atlet Muaythai putra DKI Jakarta Muhammad Uchida pada babak semifinal Muaythai kelas 73 Kg Putra PON Papua di GOR STT Gidi, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (30/09/2021). Devan Vebra Ananta  melaju ke babak final di kelas 73 Kg. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/YUDevan Ananta dinyatakan sebagai pemenang atas Muhammad Uchida. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Setelah rampung tiga ronde, Devan dinyatakan menang angka dan berhak melaju ke partai final. Tak terima dengan keputusan ini pihak DKI mengajukan protes kepada dewan juri.

Sidang lantas dilakukan dan DKI dinyatakan menang. Tak terima dengan keputusan yang mengejutkan ini, Pengurus Muaythai Kalimantan Timur melayangkan banding atas putusan dewan juri ke Dewan Hakim Panitia Besar PON 2020.

Setelah bersidang akhirnya Dewan Hakim Panitia Besar PON 2020 menetapkan Devan sebagai pemenang. Alhasil Devan melaju ke final dan Uchida akan bertarung perebutan medali perunggu.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Pada babak final Devan Putra berhadapan dengan Ade Tia Armadani asal Jawa Tengah. Sebelumnya, Uchida berhasil meraih medali perunggu setelah berbagi tempat dengan atlet Sumatra Utara Surya Kevin Rajagukguk.

Selain meraih medali perunggu kelas tarung -73 kilogram putra, putra Ketua Umum Pengurus Besar Muaythai Indonesia (PMBI) ini juga meraih medali emas di kelas wai kru putra.

Uchida yang adalah bek muda Persija unggul atas atlet Papua M Yull Alija (perak), atlet Jawa Timur Aldento Bara dan atlet Kalimantan Selatan Abdul Rozak (perunggu).

[Gambas:Video CNN]

(abd/jal)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER