Pengamat: Timnas Indonesia Tepat di Tangan Shin Tae Yong

CNN Indonesia
Selasa, 12 Okt 2021 13:38 WIB
Mantan pemain Timnas Indonesia, Charis Yulianto, menyebut skuad Garuda saat ini tepat berada di tangan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong. Shin Tae Yong memanggil banyak pemain muda untuk mengisi skuad Timnas Indonesia. (CNNIndonesia/Abdul Susila)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan pemain Timnas Indonesia, Charis Yulianto, menyebut skuad Garuda saat ini tepat berada di tangan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong.

Gaya main Timnas Indonesia yang berbuah kemenangan atas Taiwan dalam laga playoff kualifikasi Piala Asia 2023 menjadi dasar penilaian Charis.

"Saya pribadi melihat Timnas Indonesia saat ini tepat di tangan Shin Tae Yong. Semua butuh proses, kalau melihat gaya permainan dengan karakter pemain yang cepat dan agresif, itu kenapa saya pikir Shin Tae Yong orang yang tepat di Timnas saat ini."


"Apalagi dengan kekuatan fisik yang dia bangun saat ini, saya pikir timnas semalam ya itu keinginan Shin Tae Yong dan sudah dijawab semua pemain di lapangan," kata Charis kepada CNNIndonesia.com, Selasa (12/10).

Secara keseluruhan, Charis menilai Timnas bentukan Shin yang tampil melawan Taiwan semalam cukup menjanjikan. Bahkan kalau persiapan dilakukan lebih lama, menurutnya Timnas Indonesia bakal lebih kuat lagi.

Dari sisi permainan, perkembangan pemain secara tim dinilai sudah cukup bagus dengan kemajuan yang sangat signifikan. Itu ditunjukkan dengan usaha pemain untuk memahami keinginan pelatih di dalam permainan lewat kerja kerasnya di lapangan.



Banner Testimoni

"Perkembangannya cukup bagus, progres sangat signifikan. Pemain sudah memahami keinginan pelatih, taktikal juga sudah bagus pemain sudah bekerja keras untuk menguasai pertandingan. Banyak opsi peluang gol, saya bilang Egy [Maulana Vikri] kalau lebih tenang lagi bisa cetak gol atau buka peluang. Terlihat dia tidak main egois dan lebih in dengan teman-temannya di tim," ujarnya.

"Evaluasinya, transisi dari menyerang ke bertahan terlihat masih ada celah. Tapi dengan fighting spirit pemain itu jadi tertutup. Kalau bertahan ke menyerang sudah cukup bagus, tapi kalau lawan levelnya di atas kita, misalnya dengan Thailand dan Vietnam saya kira masih harus diperbaiki," imbuh Charis.

Shin Tae Yong Bisa Bawa Timnas Indonesia Disegani di ASEAN

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER