Taufik Soal Bendera Tak Berkibar di Thomas Cup: Bikin Malu

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 09:57 WIB
Mantan pebulutangkis, Taufik Hidayat, melontarkan kritik pedas terkait dilarangnya pengibaran bendera saat Indonesia juara Thomas Cup 2020 (2021). Taufik Hidayat melontarkan kritik setelah bendera Indonesia tak bisa berkibat di Thomas Cup 2020. ( ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan pebulutangkis, Taufik Hidayat melontarkan kritik pedas karena keberhasilan Indonesia juara Thomas Cup 2020 (2021) tidak diiringi dengan pengibaran bendera merah putih.

Indonesia berhasil mengakhiri dahaga gelar Thomas Cup selama 19 tahun. Kepastian itu diraih setelah Hendra Setiawan dan kawan-kawan menang 3-0 atas China pada laga final di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10).

Namun, keberhasilan Indonesia jadi juara tidak diiringi dengan berkibarnya bendera merah putih. Hal ini merupakan buntut dari sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) yang menyatakan Indonesia tidak patuh dalam menerapkan program uji doping.


Pelarangan pengibaran bendera negara merupakan salah satu sanksi karena mengabaikan program dari WADA tersebut. Kendati demikian lagu kebangsaan Indonesia Raya tetap boleh dikumandangkan dalam perayaan Indonesia di Thomas Cup.

[Gambas:Instagram]

Alhasil, seremoni penyerahan trofi Thomas Cup 2020 (2021) tanpa bendera merah putih. Saat para pemain dan tim pelatih menerima medali dan trofi, bendera PP Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang muncul di layar besar.

Ketiadaan bendera merah putih disorot oleh Taufik. Salah satu pebulutangkis tunggal putra terbaik di masanya itu menyayangkan hal tersebut. Taufik lantas mempertanyakan kerja pemerintah, Menpora Zainuddin Amali, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), maupun Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

"Selamat piala thomas cup kembali ke INDONESIA.. Terima kasih atas kerja kerasnya team Bulutangkis Indonesia..tapi ada yg aneh bendera merah putih gak ada?

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Di ganti dengan bendera PBSI," tulis Taufik di akun Instagram miliknya.

"Ada apa dengan LADI dan pemerintah kita? Khususnya Menpora KONI dan KOI? Kerjamu selama ini ngapain aja? Bikin malu negara indonesia aja. Jangan ngarep jadi tuan rumah Olympic or Piala Dunia, urusan kecil aja gak bisa beres. Kacau dunia olahraga ini."

Sebelumnya netizen juga bereaksi karena bendera Indonesia tidak berkibar di Ceres Arena. Di satu sisi mereka bahagia Indonesia bisa jadi juara Thomas Cup 2020, tetapi di sisi lain kecewa karena tidak ada pengibaran bendera Merah Putih saat lagu 'Indonesia Raya' berkumandang.

[Gambas:Video CNN]

(jal/nva)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER