Canelo Alvarez Menang TKO atas Plant: Juara Sejati Kelas Menengah

jun | CNN Indonesia
Minggu, 07 Nov 2021 11:42 WIB
Saul Canelo Alvarez berhasil menahbiskan diri sebagai juara sejati di kelas menengah usai menang KO atas Caleb Plant di Las Vegas. (Ronald Martinez/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saul Canelo Alvarez berhasil menahbiskan diri sebagai juara sejati di kelas menengah usai menang TKO atas Caleb Plant di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Minggu (7/11) pagi WIB.

Plant mengambil inisiatif menyerang dengan melayangkan jap-jap kiri, namun Canelo menghadapinya dengan tenang dan membentengi wajahnya dengan double cover.

Di pertengahan ronde pertama, Canelo mendapat momen menekan Plant ke sisi ring. Namun, serangannya gagal karena Plant mengapit tangannya hingga memaksa wasit melerai.


Pertarungan lebih agresif di ronde kedua. Canelo mulai meningkatkan intensitas serangan dan memaksa Plant bertahan sambil mencari celah melayangkan pukulan balik.

Di awal ronde ketiga, Plant gencar melepas jap namun pukulannya mampu dielak Alvarez. Di pertengahan duel, Canelo berbalik menekan dan membuat Plant terdesak di sisi ring.

Pukulan kombinasi jap dan hook yang dilayangkan Canelo berhasil mendarat di kepala Plant, namun petinju Amerika Serikat itu berhasil keluar dari tekanan.

Pada ronde keempat Canelo langsung agresif. Ia menyudutkan Plant dan melepas sejumlah pukulan kombinasi yang sayangnya bisa diantisipasi dengan gerakan cepat Plant.

Canelo dan Plant mulai tampil berani dan terbuka pada ronde kelima. Keduanya sama-sama tampil agresif. Jumlah pukulan yang dilepaskan lebih intens dari ronde sebelumnya.

Sekilas, Canelo mulai frustrasi. Senjata mematikannya berupa hook dan upper cut belum ada yang masuk ke wajah dan tubuh Plant. Jab-jab Plant malah telak 'mengelus' wajah Canelo.

Untuk memancing Plant tampil lebih berani, Canelo tak membuat pertahanan di wajah pada ronde keenam. Ia mengelak dengan gerakan leher yang cepat sebagai provokasi.

Pada ronde ketujuh, untuk pertama kalinya Plant merapkan strategi 'hit and hug' atau gebuk lantas peluk. Beberapa hook Canelo sempat telak masuk ke rahang samping Plant.

Seolah menjaga stamina, Celona dan Plant sama-sama tampil agak santai di ronde kedelapan. Tak banyak pukulan keras yang dilepaskan sesama juara kelas menengah ini.

Di ronde kesembilan Canelo kembali agresif. Petinju asal Meksiko ini maju menekan dengan gagah. Pada saat yang sama Plant memperlihatkan footwork ligat dan jab kilat.

Selanjutnya Plant tak banyak bergerak seperti kupu-kupu. Ia rela bermain jarak dekat dengan Canelo, sehingga sejumlah pukulan masuk. Namun pertahanan Plant masih kukuh.

Pada ronde ke-11 Plant terjatuh setelah mendapat hook Canelo. Tak mau kehilangan momen, Canelo terus menekan dan melayangkan pukulan kombinasi yang membuat Plant terkapar di kanvas.

Wasit pun menghentikan pertandingan dan memutuskan Canelo menang TKO. Dengan demikian, Canelo Alvarez merupakan petinju pemilik gelar juara kelas menengah versi WBA, WBC, WBO, serta IBF yang baru saja direbut dari Plant.

(jun/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER