Jenderal Andika Perkasa, Sosok di Balik Transisi Aprilio Manganang

jun | CNN Indonesia
Senin, 08 Nov 2021 14:24 WIB
Mantan atlet voli nasional, Aprilio Manganang, tak akan pernah melupakan peran Jenderal Andika Perkasa dalam hidupnya. Andika Perkasa (kiri) mengukuhkan perubahan identitas Aprilio Manganang. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan atlet voli nasional, Aprilio Manganang, tak akan pernah melupakan peran Jenderal Andika Perkasa dalam hidupnya. Pria yang kini menjadi Panglima TNI itu sangat berperan mengubah identitas Aprilio.

Semula, Aprilio memiliki nama Aprilia. Ia mengaku tersiksa menjalani hidup selama 28 tahun sebagai wanita. Dari lubuk hati yang terdalam, ia merasa sebagai pria.

Keinginan untuk membahagiakan dan membanggakan kedua orangtua yang telah memperjuangkan hidupnya di tengah keterbatasan ekonomi membuat Aprilio rela membohongi diri dan menahan semua pertanyaan soal perbedaan dalam diri yang dirasakannya.


"Tapi seharusnya bukan di situ [voli putri] diri Lanang [sapaan Aprilio setelah berubah identitas]. Tapi Lanang ingin mereka bangga. Tapi itu semua tidak ada arti sama apa yang Lanang dapat sekarang," ucap Aprilio beberapa waktu lalu.

Aprilio amat bersyukur telah dipertemukan dengan Jenderal TNI Andhika Perkasa yang 100 persen mau memfasilitasinya untuk mengubah identitas kelamin.

"Terima kasih Tuhan Yesus, terima kasih sudah pertemukan Lanang sama Ibu dan Bapak [KSAD Andhika Perkasa]. Kalau enggak, enggak mengerti Lanang jadi apa ke depan, Lanang pasti hancur," ucap Aprilio sambil menangis dan mencium tangan Diah Erwiany, istri Andika Perkasa.

Sejak kecil, Aprilio melihat sendiri bagaimana pengorbanan orang tua untuk menghidupi ia dan sang kakak, Amasya Manganang.

Andika beserta istri benar-benar memberikan dukungan penuh untuk mengubah identitas Aprilia yang lebih dulu tenar sebagai atlet voli putri. Bahkan, nama tengah sang jenderal pun disisipkan di identitas baru Aprilia.

Setelah resmi ubah jenis kelamin, pemilik tiga medali SEA Games itu mengubah namanya jadi Aprilio Perkasa Manganang. Nama tengah Perkasa diambil dari Andika yang berjasa besar mendukung proses transisi identitas Aprilio.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Andika, yang saat itu masih menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), mengatakan Aprilio harus menjalani proses transisi tanpa diusik berbagai macam hal.

"Kalau saya, saya melihat dia harus menyelesaikan dulu proses transisi, bagi saya ya. Ada corrective surgery kedua. Jadi secara fisik pun harus pulih total."

[Gambas:Video CNN]

"Setelah pulih pun, ingat enggak mungkin begitu saja bisa switch. Dia sudah 28 tahun diperlakukan dan berada dalam ketidakberdayaan melawan apa yang orang nilai dia, sekarang harus mengubah. Menurut saya itu perlu waktu. Saya ingin dia melalui masa transisi tanpa terganggu," terang Andika.

Kini, karier sosok penting di balik transisi identitas Aprilio makin melesat. Jenderal Andika terpilih sebagai Panglima TNI lewat rapat paripurna DPR RI dan tinggal menunggu pelantikan resmi dari Presiden RI Joko Widodo.

(jun/nva)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER