Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Asia, Shin Tae Yong Dapat Rp35 Juta

CNN Indonesia
Kamis, 11 Nov 2021 21:00 WIB
Shin Tae Yong dapat bonus sebesar 2.500 dolar atau setara Rp35 juta dari PSSI karena bawa Timnas Indonesia lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Shin Tae Yong menerima bonus dari PSSI, Kamis (11/11). (CNN Indonesia/ Abdul Susila)
Jakarta, CNN Indonesia --

Shin Tae Yong mendapat bonus sebesar 2.500 dolar atau setara Rp35 juta dari PSSI karena membawa Timnas Indonesia lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

Selain lolos, peringkat Indonesia di FIFA ikut melonjak. Berkat dua kemenangan melawan Taiwan, posisi Indonesia dari peringkat ke-175 menjadi ke-165. Permainan Garuda Merah Putih pun dianggap meningkat.

"Semua menunjukkan peningkatan kemampuan, performa, skill, dan strategi. Demikian bangganya saya sampai begitu ekspresif. Begitu [Taiwan] dilumat sama kalian, saya loncat-loncat. Artinya saya saja begitu apalagi rakyat," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.


"Ini hal membanggakan bagi kita. Saya minta seperti ini: main tanpa beban lawan Taiwan. Kalau kompak begitu, passing akurat, saya yakin kita akan bisa berbicara di Piala AFF nanti," ucapnya menambahkan.

Bonus tersebut diberikan PSSI ke Shin dalam acara pelepasan Timnas Indonesia ke Turki. Pemberian itu dilakukan secara simbolis lewat Wakil Ketua Iwan Budianto di Hotel Sultan, Jakarta pada Kamis (11/11) sore.

Tak hanya Shin, para asisten pelatih Timnas Indonesia juga mendapat bonus sebesar 1.750 dolar atau setara Rp25 juta. Pemberian bonus diwakilkan Choi In Choel.

Adapun pemain Timnas Indonesia mendapat bonus sebesar Rp100 juta. Evan Dimas mewakili pemain mendapatkan bonus yang secara simbolis diberikan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Haruna Soemitro.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Hal sama akan dilakukan PSSI jika Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF 2020 (2021). Namun Iriawan tak menyebut besaran bonus yang telah disiapkannya. Ia hanya menyebut PSSI tak akan tutup mata dengan kerja keras Shin dan tim asuhannya.

Dalam acara pelepasan tersebut Iriawan sekali lagi menegaskan bahwa target Timnas Indonesia adalah juara. Iriawan meminta balas dendam kekalahan di SEA Games 2019 saat jumpa Vietnam di final.

[Gambas:Video CNN]

(abd/rhr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER