Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Serbia Lolos, Portugal Playoff

CNN Indonesia
Senin, 15 Nov 2021 04:43 WIB
Timnas Serbia berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 usai jadi juara Grup A sedangkan Portugal harus melalui jalur playoff. Serbia mengalahkan Portugal dalam laga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022. (REUTERS/PEDRO NUNES)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Serbia mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Portugal 2-1 di Estadio da Luz, Lisbon, Senin (15/11) dini hari WIB.

Kemenangan ini membuat Serbia keluar sebagai juara Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 berkat koleksi 20 poin. Di sisi lain, Portugal yang menempati posisi kedua harus melalui jalur playoff untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2022.

Portugal berhasil unggul lebih dulu 1-0 saat pertandingan berjalan sembilan menit. Renato Sanches membobol gawang Serbia lewat tembakan keras dari dalam kotak penalti.


Serbia memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan hanya tiga menit berselang. Namun, tembakan Dusan Vlahovic dari dalam kotak penalti masih mengenai tiang kanan gawang Portugal.

Tekanan yang terus dilakukan Serbia baru membuahkan hasil memasuki pertengahan babak pertama. Gol yang membuat skor imbang jadi 1-1 dicetak oleh kapten tim, Dusan Tadic pada menit ke-33.

Tembakan Tadic sedikit di luar kotak penalti yang mengenai salah satu pemain Portugal membuat kiper Rui Patricio tak tepat menebak arah bola yang kemudian masuk ke gawang.

Di babak kedua, Portugal bermain sabar karena hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke Piala Dunia 2022. Sedangkan Serbia coba lebih agresif dengan memasukkan penyerang Aleksandar Mitrovic karena butuh tiga poin.

Portugal yang bermain di hadapan publik sendiri punya peluang untuk kembali unggul di laga ini pada menit ke-61. Sanches melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih bisa diamankan oleh kiper Serbia, Predrag Rajkovic.

Serbia merespons dengan peluang yang didapat Vlahovic pada menit ke-77. Penyerang Fiorentina itu melepaskan tendangan yang mengarah ke gawang di dalam kotak penalti tetapi masih membentur pemain Portugal.

Serbia mendapatkan peluang emas lain untuk unggul di laga ini pada menit ke-83. Namun, sundulan Mitrovic memanfaatkan umpan silang masih berada di sisi kanan gawang Rui Patricio.

Portugal yang sudah dekat untuk menggenggam tiket ke Piala Dunia 2022 justru kebobolan satu menit jelang injury time babak kedua. Sundulan Mitrovic ke tiang dekat usai memanfaatkan umpan silang Tadic merobek gawang lawan untuk mengubah skor jadi 2-1.

Susunan pemain

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Joao Cancelo, Rui Fonte, Ruben Dias, Nuno Mendes; Renato Sanches, Danilo Pereira, Joao Moutinho; Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Diogo Jota

Serbia (3-5-1-1): Predrag Rajkovic; Milos Veljkovic, Nikola Milenkovic, Strahinja Pavlovic; Andrija Zivkovic, Sergej Milinkovic-Savic, Nemanja Gudelj, Filip Kostic; Dusan Tadic; Dusan Vlahovic

(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER