Gibran Geram Tanggapi Rencana Konvoi Pasoepati Kawal Persis

CNN Indonesia
Senin, 29 Nov 2021 16:03 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka geram dengan rencana Pasoepati mengawal Persis Solo jelang melawan PSCS Cilacap pada laga terakhir Grup C Liga 2 2021. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka melarang rencana konvoi Pasoepati untuk mendukung Persis Solo. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka geram dengan rencana Pasoepati mengawal Persis Solo pada laga terakhir babak penyisihan grup C Liga 2 2021, Senin (29/11) sore. Rencananya, konvoi tersebut bakal dipimpin adik Gibran yang juga pemilik Persis Solo, Kaesang Pangarep.

Pasepati berencana menggelar konvoi untuk mengawal para pemain Persis jelang melawan PSCS Cilacap di Stadion Manahan yang akan berlangsung pukul 18.15 WIB.

Gibran dengan tegas melarang kegiatan tersebut mengingat saat ini Kota Solo masih berada di PPKM Level 2. Tak hanya itu, putra sulung Presiden Joko Widodo itu khawatir konvoi tersebut akan meresahkan klub-klub lain yang bermain di Kota Solo.


"Jangan ada konvoi dulu. Konvoi ngopo to? Koyo menang liga wae (Untuk apa konvoi? Kayak sudah menang liga saja)," katanya sebelum memimpin rapat koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 di Balai Kota Solo.

"Nggak ya nggak," lanjutnya menegaskan.

Persis SoloPersis Solo akan menghadapi PSCS Cilacap dalam laga lanjutan Liga 2 di Stadion Manahan. (Foto: Persis Solo)

Lebih lanjut, Gibran meminta pendukung Persis Solo memahami posisi Kota Solo sebagai tuan rumah. Ia berharap semua warga termasuk Pasoepati dapat memberikan rasa nyaman bagi seluruh klub yang bertanding di Kota Solo.

"Solo ini tuan rumah. Ojo mikir Pasoepati thok (jangan mikir Pasoepati saja). Kita itu mikir turnamen ini ke depan. Mikir klub lain," katanya.

Gibrah khawatir perilaku pendukung Persis Solo tersebut akan berdampak negatif kepada reputasi Kota Solo sebagai tuan rumah. Apalagi insiden yang melibatkan Pasoepati sudah terjadi beberapa kali selama musim ini.

"Kita itu susah lho dapat kesempatan jadi tuan rumah. Kalau kelakuannya kayak gitu ya nggak baik," ucapnya.

Gibran juga memastikan akan menegur adiknya yang juga pemilik Persis Solo. "Yo ngko tak tegur," katanya.

Sebelumnya ajakan untuk menggelar konvoi mengawal para pemain Persis diunggah Pasoepati di akun Instagram resmi, Pasoepati.net. Mereka menyebut pengawalan Persis akan dipimpin oleh Kaesang.

Banner Testimoni

Pasoepati.net menyebut pengawalan itu telah mendapat restu dari manajemen Persis. Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep disebut-sebut bakal memimpin pengawalan menggunakan sepeda motor dari mes Persis Solo menuju Stadion Manahan.

"Bagi temen-temen yang ingin ikut, bisa berangkat menemani mas @kaesangp ke mess Persis Solo sebelum pukul 16.15 WIB," tulis unggahan tersebut.

Pasoepati.net juga menyebut sederet aturan yang harus dipatuhi peserta konvoi, di antaranya peserta wajib mengenakan masker dengan benar. Motor yang digunakan harus standar termasuk knalpot, dilengkapi STNK dan SIM, serta peserta harus mengenakan helm standar. Tak hanya itu, peserta juga harus sudah mendapat vaksin dosis lengkap.

Selain aturan yang harus dipatuhi, unggahan tersebut juga melarang peserta menyalakan flare atau petasan dan berkata kasar kepada pengguna jalan termasuk polisi.

Ajakan itu pun diamini Kaesang melalui komentarnya di unggahan tersebut. "Tak kon do bubar langsung nek ra iso do manut aturanku (Saya suruh bubar kalau tidak patuh aturanku)," demikian tulis Kaesang di kolom komentar.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER